Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Mendapatkan Barang Gratis Lewat Internet

Wednesday, July 26, 2017
cara mendapatkan barang gratis

Adakah di sini yang ingin barang gratis? Aku kira kebanyakan dari kita sangat menginginkannya. Tenang saja. Dengan modal kuota internet dan keberuntungan, kita bisa mendapatkan barang gratis lewat internet. Terutama bagi para Beauty blogger atau pun blogger lain yang senang mengulas produk, ada beberapa cara untuk mendapatkan barang gratis lewat internet.

Aku sudah pernah dapat dan sudah melihat para pemenang barang gratis. Kebanyakan mendapat barang itu dari website yang suka membagikan barang tester secara gratis. Berikut beberapa websitenya:


1. Lifull

Ini website bagi-bagi barang gratis pertama yang aku ikuti. Produk yang bisa kita dapatkan dari sini adalah makanan ringan dan produk kecantikan. Produknya menurutku bagus-bagus, terutama barang kecantikannya.

Biasanya syarat untuk apply hanya me-like media sosial lifull dan sponsor serta mengisi survei. Pada usaha apply pertama aku langsung dapat hadiah masker. Lucky! Aku gak tahu kalau aku terpilih untuk mereview. Tiba-tiba barang datang ke rumah. Pengumuman pemenangnya memang hanya lewat website, tidak ada notifikasi lewat surel atau telepon.

Ketika pertama kali dapat hadiah dari sana, aku kira barangnya terserah kita mau diapakan. Ya, aku simpan saja dulu. Nanti kalau butuh baru pakai. Eh, ternyata seminggu kemudian tim Lifull menelepon meminta ulasan produk yang dicoba. Pada saat ditelepon aku belum mencoba barangnya. Parah. Mereka tidak meminta ulasan dalam bentuk tulisan, hanya lewat lisan saja. Jadilah tiga hari kemudian mereka meneleponku kembali dan meminta ulasannya lagi.

Kayaknya sih keterlambatan mengulas itu memengaruhi kesempatan menang kembali karena sampai sekarang, aku sudah sering sekali apply tapi belum pernah mendapatkan barang lagi.

2. Home Tester Club

Website yang menyediakan berbagai macam barang gratis seperti makanan, produk kesehatan, kecantikan, barang rumah tangga dll. Jadi, varian produknya lebih beraneka ragam dibanding website Lifull. Hanya saja tampilan websitenya menurutku kurang ramah. Pertama kali berkunjung aku agak bingung melihat daftar barang gratis yang bisa di-apply. Malah gak jadi apply.

Jenis produk yang ditawarkan memang banyak, tapi untuk kelas beauty blogger sepertinya kurang wow. Website ini lebih cocok untuk blog parenting atau blogger ibu-ibu. Hingga sekarang aku hanya pernah apply dua kali dan tidak pernah memenangkan produk apa pun. Unlucky! Mau coba lagi tapi malah lupa lagi bagaimana caranya hehehe.

3. Yukcoba.in

Ini adalah website bagi-bagi produk gratis yang paling aku sukai karena sudah beberapa kali menang di sini. Tampilan websitenya lebih sederhana dan tidak membingungkan. Macam produknya banyak dan menurutku bagus-bagus juga, mulai dari kecantikan, kesehatan sampai jasa pembuatan baju dan alat kerja kantor. Keren!

Proses apply produknya juga sangat mudah. Hanya perlu mengisi data diri, alamat dan alasan ingin mencoba produk. Jarang disuruh me-like akun media sosial atau pun mengisi survei. Ketika terpilih, reviewer akan dikirim notifikasi lewat pesan singkat dan surel beserta brief-nya, apa yang harus dilakukan ketika barang diterima.

Aku sudah mendapatkan BB cushion Maybelline, Sponge dan liquid eyeshadow Sari Ayu dari website ini. Tiap bulan selalu saja ada produk menarik untuk dicoba. Follow juga media sosialnya untuk mengetahui daftar produk yang sedang tampil di web. Selamat mencoba.

4. Clozette

Clozette adalah jejaring media sosial bagi wanita. Kita bisa mengunggah foto mengenai kecantikan dan fashion di sini. Selain itu Clozette rajin mengadakan giveaway ataupun kuis setiap bulannya. Social Beat Race adalah program tetap setiap bulan bagi para anggota untuk berlomba mengumpulkan poin keaktifan bersosialisasi di Clozette. Hadiahnya tentu sangat amat membuat hati riang. Mahal-mahal.

Selain itu, Clozette juga selalu memiliki kampanye produk gratis atau pun blogger gathering yang bisa diulas oleh para anggotanya setiap bulan. Banyak! Namun, untuk terpilih sangat sulit. Selain akun sosial yang bagus, mereka juga menilai keaktifan anggota di Clozette. Kadang kita juga harus berlomba “siapa cepat dia dapat”.

Hingga saat ini aku baru mendapatkan satu buah produk saja. Itu bisa jadi karena kurang aktif di Clozette dan media sosialku juga kurang ramai. Mereka benar-benar memilih reviewer berkualitas. Walaupun sering tidak terpilih menjadi reviewer, website Clozette sangat asyik untuk dijelajahi. Banyak informasi dan ide fashion serta kecantikan yang sangat bermanfaat, plus terdapat juga informasi diskon di berbagai toko online.

5. 0.8 Liter

Ini website tempat berbagi barang kecantikan gratis dari Korea. Produknya pun semuanya dikirim langsung dari negeri ginseng. Biasanya tiap tiga hari sekali barang baru selalu ada. Proses applynya gampang, tinggal dibagikan saja link campaign dari 0.8 liternya. Namun, agak sulit untuk mendapatkan barang karena saingannya teramat banyak.

Sampai saat ini, baru menang satu kali di website itu saat awal tahun 2017. Sayangnya, hingga sekarang barang belum sampai. Sudah ditanyakan ke CS lewat pesan internal di website itu sebanyak dua kali, mereka selalu membalas ada masalah di kurir Jakartanya. Perusahaan pengiriman barangnya bangkrut dan barang sedang diproses kembali. Hingga akhirnya aku malas menanyakan kembali dan tidak pernah apply lagi di website itu.

Sepupuku pernah menang lipstick 3 Concept Eye (CE) dari sana dan hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari saja sejak pengumuman sampai barang diterima. Proses reviewnya terbilang gampang. Hanya tinggal mengambil foto bersama produk, memberikan ulasan singkat di captionnya dan unggah di instagram.

6. Giveaway instagram dan blog

Kalau suka barang gratisan sudah pasti harus follow akun giveaway di media sosial. Medsos yang paling sering aku pakai untuk memburu giveaway adalah instagram dan blog. Aku juga lebih banyak berteman dengan para blogger di instagram dibandingkan medsos lain. Jadi, informasi giveaway lebih sering aku dapatkan dari instagram. 

Langkah-langkahnya memang lebih banyak dibanding website-website di atas, tapi hadiahnya mantap!  Akun brand-brand terkenal biasanya sering mengadakan giveaway, tapi memang saingannya banyak sih. Ada juga akun instagram yang khusus merepost info giveaway seperti @beautycontest.id.

Biasanya sih tipe giveaway yang mudah itu adalah tipe “follow and repost”, lebih spesifik lagi giveaway yang menghitung setiap postingan yang kita bagikan di akun medsos. Jadi, siapa yang paling sering menyebarkan postingan akan memiliki poin banyak dan kesempatan menang tinggi. Bukan hanya faktor keberuntungan tapi juga usaha diperhitungkan. Gampang banget, kan? tinggal rajin ngepost aja. Kalau giveaway yang benar-benar random, aku masih belum beruntung. Sulit.

Kalau hadiah dari blog, selain tipe “follow and share” seperti instagram, bisa juga berupa lomba menulis. Ini lebih sulit lagi, tapi hadiahnya lebih oke. Kadang berupa uang tunai atau voucher, dan kadang juga berupa barang dari sponsor. 

Dari enam cara mendapatkan barang gratis lewat internet di atas, mana yang paling kalian suka? Mudah-mudahan kalian bisa mendapatkan barang gratis dengan mudah. Bagi pengalaman kalian saat mendapatkan barang gratis yuk. Bisa juga berbagi tempat untuk mendapatkan barang gratis di kolom komentar. Selamat berburu barang gratis ya.

8 comments on "Mendapatkan Barang Gratis Lewat Internet"
  1. Dari semua website untuk mendapatkan barang gratis, saya baru coba lifull. Blm ada yg dikirim ke rumah sih, soalnya br coba kemarin. Ooh, berarti sehabis Kita dapet barang dari mereka, Kita langsung buat review ya?

    Thank you Mba buat sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa hari setelah barang tiba, tim lifull akan menelepon dan bertanya ttg kesan2 kita sama produknya. . . Pengalaman aku sih begitu 😆

      Delete
    2. Ooh gitu toh.. kirain selesai dapet hadiah terserah Kita mau review atau enggak wkwk

      Delete
  2. aku ikutan yang home tester club sana 0.8 liter.. dari home tester sering dapet, berasa shampoo gausah beli, dapet tester terus.. hihihii

    ReplyDelete
  3. Saya sih paling sering dapat dari program giveaway.
    Kalo yang review-review produk biasanya dapat dari agency.
    senang banget yaa dapat produk gratisan macam gitu 😊

    ReplyDelete
  4. Lifull pernah sekali. 0.8L juga sekali. Hometester dulu sering tapi skrg jarang apply. Dari ig beberapa kali. Meski kadang gratisannya imut2 rasanya kok seneng ya

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah dapat dari 0.8 liter sama clozette
    kalo clozette, memang baru tau
    ini sedang melipir ke clozette
    bye

    hahahaa
    makasih infonya mbak rahma

    ReplyDelete
  6. Wah, boleh dicoba nih. Informatif banget. Salam kenal dari Bogor ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar. Tidak ada link hidup di dalam kolom, ya. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel. Keep blogging, keep writing! :D