Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Jual Foto Online, Yuk!

Sunday, August 27, 2017
jual foto online

Berfoto sekarang sudah memasuki level yang agak lebih serius. Dengan hadirnya jejaring sosial, foto bisa mempertegas isi tulisan dan status yang diunggah si pengguna. Maka tidak heran, orang-orang biasa yang bukan fotografer berlomba membidik foto keren dan eye-catching untuk pajangan secara online. Hingga akhirnya terkadang, stok foto di hard disk mencapai ribuan. Diupload sudah, mau dibuang sayang, tapi ganggu juga kalau cuma disimpan.

Aku pun sempat berfikir seperti itu. Ini foto mau diapakan? Kemudian barulah ada seorang blogger yang memberikan ide untuk memajang foto-foto di web stok foto. Keren gak tuh? Foto kita gak cuma dipajang untuk dikasih “like” semata, tapi juga ada kesempatan untuk dibeli dan berpotensi menjadi penghasilan sampingan. Maka, aku mulai tertarik untuk jual foto di stok foto Indonesia yang baru saja launching, Pixamola. 

Awalnya aku ragu, ini foto layak gak sih untuk dipajang? Habis aku kan bukan fotografer profesional. Sekedar senang menjepret saja. Lagi-lagi, daripada jadi sampah di laptop mending foto-foto ini aku upload saja di Pixamola. Mulai dari foto bunga, hewan, pemandangan hingga makanan aku upload. Lagian, sesudah proses uploading nanti tim pixamola akan menyeleksi foto-foto yang layak sekaligus memasukannya pada kategori yang telah tersedia. Aku sebagai pengguna baru sangat terbantu.

Siapa sih yang akan beli foto? Masa foto aja beli? Bagi seseorang yang sering menulis artikel ataupun blogger sepertiku. Foto itu bagaikan nafas. Agak dramatis sih, tapi menurutku seperti itu karena foto dalam suatu artikel membuat tulisan itu hidup. Dengan foto, pembaca akan mendapatkan gambaran lebih dari sebuah tulisan. Minimal saja, untuk setiap postingan blog, aku setidaknya membutuhkan satu foto untuk header yang isinya judul doang. Biasanya aku membutuhkan foto bertema flatlay atau “putih” untuk header.

Jangan anggap remeh foto biasa-biasa. Bisa jadi itu yang dicari content creator. Mereka biasanya tidak mengambil gambar sendiri. Langsung ambil saja dari stok foto online. Males juga kan begitu beres nulis harus menjepret dan editing foto. Mending cari saja di stok foto. Beli, download dan langsung tempel. Apalagi untuk kepentingan marketing. Bidang itu sangat membutuhkan banyak foto.

Nah, agaknya stok foto ternama biasanya berasal dari luar negeri. Pixamola sebagai stok foto indonesia memiliki kelebihan dimana fotonya akan memiliki rasa “Indonesia” karena penggunanya berasal dari Indonesia. 
Tidak sedikit teman-teman kami yang bekerja di brand atau agency kesulitan mencari foto-foto yang “Indonesia banget” untuk kebutuhan marketing dan storytelling mereka di media sosial, website, iklan dan sebagainya.
Kami juga sadar bahwa banyak sekali photographers dan content creators di Indonesia yang memiliki talenta luar biasa dalam membuat karya foto yang keren dan menarik.
Kami ingin memudahkan brand/agency dalam mencari dan membeli foto yang mereka inginkan.
Kami ingin membantu photographers dan content creators di Indonesia untuk meningkatkan penghasilan dari hobby dan talentanya.
Berikut ini profile Pixamola-ku. Fotonya masih sedikit dan biasa-biasa saja kali ya. Namun, sekali lagi. Jangan anggap biasa. Unggah saja dulu, siapa tahu foto kamu dibutuhkan oleh orang lain.


Foto bisa dihasilkan oleh semua macam devices, mulai dari handphone, kamera digital bahkan DLSR. Pastikan saja fotonya adalah karya sendiri dengan resolusi tinggi dan ukuran tidak lebih dari 10MB. Sesudah itu daftar ke Pixamola. Berikut caranya:
  1. Klik “Member Area” atau icon orang di kanan atas halaman
  2. Klik “Sign Up”
  3. Lengkapi form, lalu klik “Sign Up”
  4. Cek email Anda dan klik link verifikasi
  5. Klik “Member Area” atau icon orang di kanan atas halaman
  6. Login menggunakan “Username” dan “Password
Jika ada masalah, pertanyaan atau membutuhkan bantuan, bisa menghubungi info@pixamola.com
Selamat berkarya.


9 comments on "Jual Foto Online, Yuk!"
  1. Aku udah sign-up, tapi kok uploadernya maksimum 5MB ya? Kakak dulu gitu juga gaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dibantu upload sama tim pixamolanya. . . Mereka kasih link gdrive trus aku upload foto2nya yg selanjutnya mereka masukan pd kategori yg sesuai. Aku lihat max 10mb itu dari halaman FAQ mereka :)

      Delete
  2. wah kebetulan neh lagi suka and belajar moto :) nyoba ahhh, mksh yaa mak sharing nya :)

    ReplyDelete
  3. Wah, websitenya cocok banget nih buat yang suka foto-foto.Jadi ingat sama flickr punyanya yahoo dulu

    ReplyDelete
  4. Ngebuka peluang tuk nambah2 penghasilan. Mayaaan dari pada foto2nya sekedar menuhin memori hape atau laptop ��

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuuunnn ini nih bahasan yang kucari cari dari kemarinan. Selama ini yang aku tau tuh, bisa jual foto di shutterstock ya. Tapi karena web luar dan rada galau pula buat bikin paypal, akhirnya impiannya ditunda dulu. Makasih banyak mba. Senangnyaaaa.

    ReplyDelete
  6. Wah kalau punya kamera bagus macam mirrorless enak ini, selain untuk hobi bisa menghasilkan uang juga. Iya, upload foto yang Indonesia banget aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar. Tidak ada link hidup di dalam kolom, ya. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel. Keep blogging, keep writing! :D