Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Tahapan Sebelum Perkuliahan Pasca Sarjana UPI

Tuesday, August 22, 2017
pasca sarjana UPI

Hi, teman-teman! Sudah tahu kan kalau aku sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di UPI? Nah, di sini aku ingin berbagi pengalaman saja mengenai kegiatan setelah dinyatakan lulus seleksi.

Sebenarnya, langkah-langkah dan kegiatan setelah kelulusan sudah dimuat pada LoA alias surat kelulusan. Namun, tetap saja masih banyak orang yang bingung dan ngeblank saat mengikuti langkah-langkah itu. Mudah-mudahan para mahasiswa baru pasca sarjana UPI memiliki gambaran apa yang harus dipersiakan setelah membaca tulisan ini. Oke kita mulai saja.

1. Membayar uang SPP
Poin pertama pada LoA adalah melakukan pembayaran SPP. Berbeda dengan pengalamanku ketika masuk kuliah S1, kali ini tidak banyak pembiayaan. Tidak ada biaya perpus, sumbangan, biaya jas almamater atau pun biaya lainnya. Hanya SPP. Pembayaran tersebut bisa dilakukan di semua cabang BNI. Di bank, kita sebutkan nomor seleksi (nomor peserta pada saat tes masuk) pada teller agar transaksi bisa dilakukan. Simpan kertas transaksinya baik-baik ya.

2. Kontrak mata kuliah
Poin kedua adalah melakukan kontrak mata kuliah di gedung direktorat akademik UPI atau BAAK dengan membawa persyaratan foto hitam putih 4x6 (3 lembar), foto copy ijazah dan transkip yang sudah dilegalisir masing-masing 2 lembar. Siapkan juga materai Rp. 6000,- . Tidak ada di surat, tapi nanti kita akan membutuhkannya. Lokasi gedung BAAK sendiri berada tepat di sebrang gedung pasca sarjana. Karena jumlah maba banyak, tentu kita akan mengantri lumayan lama di sana. Aku sendiri mengantri sekitar 2,5 jam. 

Di papan pengumuman, proses kontrak mata kuliah ini berlangsung selama beberapa hari dan tiap jurusan ada jadwalnya masing-masing. Jurusanku dijadwalkan di hari kedua. Namun, setelah bertanya-tanya, kita tidak harus mengikuti jadwal itu. Maba diijinkan untuk melakukan kontrak matkul di lain hari selama masih dalam jangka masa yang ditentukan. Aku sendiri mengontrak matkul di hari pertama.

Tahap pertama kita akan diminta untuk menandatangani absensi yang ada di dekat pintu masuk. Kemudian panitia akan memberikan map dan beberapa formulir yang harus diisi. Ada 1 formulir biodata diri, satu surat pernyataan bermaterai, satu formulir bank untuk pembuatan tabungan, satu lembar kertas survey, dan satu kertas donasi untuk mesjid. Di formulir data diri, ada hal yang aku tidak duga yaitu ditanyakan nomor induk ktp orang tua. Aku tidak datang dengan orang tua hehehe jadi ya, agar ribet juga mengisinya.

Tahap kedua, setelah semua formulir diisi, formulir pernyataan, data diri beserta persyaratan registrasi (foto, fc ijazah dan transkrip) dimasukan ke dalam map yang tadi diberikan oleh panitia. Kemudian bergeser ke bagian validasi. Nanti ditanya data diri untuk disesuaikan dengan data yang ada di server kampus. 

Tahap ketiga, menyerahkan map kepada petugas untuk dicetakan kartu rencana studi.

Tahap keempat, mengantri untuk mendapatkan buku tabungan dan penyerahan donasi mesjid. Nah, tahap ini yang paling lama ngantri. Petugasnya banyak, tapi ya karena proses membuka buku tabungan membutuhkan tanda tangan ini itu jadi lah lama. Tabungan ini bisa kita isi untuk pembayaran SPP di semester selanjutnya. Tabungan kita akan dipotong secara otomatis pada masa tertentu untuk pembayaran SPP. Kata temanku, “... jangan sampai lupa mengisi (tabungan) ketika masa registrasi tiba”. Telat satu hari dari jadwal yang ditentukan, pembayaran tidak akan masuk dan kita dianggap cuti. Selain buku tabungan, kita juga akan diberi kartu mahasiswa yang merangkap sebagai kartu ATM. 

Untuk tahap penyerahan donasi sendiri sangat sebentar, hanya memberi tanda tangan dan menyerahkan uang. Apalagi kalau memang tidak berdonasi, ya bisa dilewat saja dan semua tahapan selesai.

3. Pra perkuliahan
Ini semacam ospek di S1. Masa perkenalan akademik. Berkenalan dengan peraturan kampus, teman baru, dosen, mata kuliah dan pembagian kelas. Acara pra perkuliahan ini berlangsung selama beberapa hari, sekitar 4 hari. Hari pertama, dilaksanakan di gedung Ahmad Sanusi. Lokasinya dekat dengan gerbang utama juga dekat dengan gedung pasca sarjana. Hari-hari selanjutnya ada di tempat lain tergantung program studi yang diambil. Kegiatan ini wajib diikuti. Memang tidak ada sanksi jika tidak datang, tapi di sini kita akan mendapatkan teman baru, berkenalan dengan dosen dan matkul serta katanya sih akan ada pembagian kelas juga. Nanti aku tulis lagi tetang pra perkuliahan ini di tulisan selanjutnya.

Selama ini, di setiap acara, mulai dari tahap ujian masuk hingga acara terakhir, panitia pelaksana tergolong ramah dan siaga dalam mengarahkan mahasiswa baru. Namun, satu kekurangannya, ada pada keaktifan media sosial. Saat ini orang-orang lebih senang mendapatkan informasi secara daring karena mudah, murah, dan cepat. Sayangnya admin medsos SPS UPI tidak begitu aktif. Pengumuman pun kadang mepet di akhir waktu. Sehingga, kita dipaksa untuk mengecek websitenya setiap hari, setiap waktu. 

Contohnya saja, pada saat pengumuman tes seleksi masuk. Mereka tidak memberikan tanggal pasti untuk pengumuman kelulusan. Maka aku harus rajin melihat web setiap waktu. Ujung-ujungnya aku juga dikasih tahu teman. Kemudian saat pengumuman seleksi tes gelombang dua. Itu pun sama. Diumumkan di akhir juli 2017, tepatnya tanggal 31. Sedangkan pembayaran SPPnya tanggal 1-10 Agustus. Mepet, kan? Begitu juga dengan kegiatan pra kuliah, hanya diberikan tanggal tetapi tidak diberikan jam dan lokasi acara. Jadwalnya memang akan muncul di website SPS, tapi ya lagi-lagi kita sendiri yang harus rajin berkunjung ke web SPS.

Sekian cerita pengalamanku, semoga bermanfaat :)

2 comments on "Tahapan Sebelum Perkuliahan Pasca Sarjana UPI "
  1. Halo Rahma, terimakasih untuk infonya. Berarti untuk hari pertama hanya berlangsung di BPU ya? Kegiatannya di mulai jam berapa kah? Saya juga baru masuk pasca tahun ini. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari web sps, pembukaan pra perkuliahan dilaksanakan tgl 28 agustus di gdg ahmad sanusi jam 8, tp maba harus sudah ada di tempat jam 7. Acara di hari berikutnya berbeda2 berdasarkan program studi. Jadwalnya bisa didownload di web sps.upi.edu :)
      Salam kenal

      Delete

Terima kasih sudah berkomentar. Tidak ada link hidup di dalam kolom, ya. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel. Keep blogging, keep writing! :D