Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Kegiatan Pra Perkuliahan Pascasarjana UPI

Sunday, September 3, 2017
ospek s2

Selamat kepada kalian yang telah lulus dan diterima sebagai mahasiswa pascasarjana UPI. Selanjutnya kalian akan mengalami masa pra perkuliahan. Masa ini bisa disebut sebagai OSPEK atau masa orientasi bagi mahasiswa pascasarjana. Tidak seperti mahasiswa S1, pra perkuliahan ini berisikan tentang kuliah umum, pengenalan akademik dll. Lebih mirip seperti seminar atau kuliah umum saja. Tidak ada hukuman ataupun bentakan oleh senior, 100% ditangani oleh dosen dan professor.

Kegiatannya berlangsung selama empat hari. Mulai dari tanggal 28-31 Agustus 2017 dari jam 8.00- 15.00. Tiap tahun tentu akan berbeda sesuai kondisi. Apa yang terjadi selama masa pra perkuliahan itu? Banyak sekali dan sangat bermanfaat. Dilihat sepintas memang terasa membosankan, tapi itu sangat penting supaya kita bisa mempersiapkan diri saat perkuliahan nanti. Jadwal pra perkuliahan bisa didownload di website sps UPI menjelang pra perkuliahan dimulai.

Aku akan menceritakan pengalamanku, mulai dari hari pertama hingga hari terakhir. Hari pertama dan terakhir kegiatannya akan sama untuk semua jurusan. Hari ketiga dan keempat akan berbeda di setiap jurusan, mungkin. Yang aku tulis di sini adalah pengalamanku sebagai mahasiswa pascasarjana program studi pendidikan bahasa inggris.

1. Hari pertama
Hari pertama adalah hari pembukaan masa pra perkuliahan. Semua mahasiswa pascasarjana, S2 dan S3, dari semua jurusan dikumpulkan di Gedung Ahmad Sanusi atau orang-orang juga ada yang memanggilnya BPU (Balai Pertemuan Umum *mungkin hehehe). Isinya perihal pembukaan oleh direktur SPS, kuliah umum oleh salah satu professor senior UPI dan pengenalan akademik. 

Sesi pengenalan akademik ini terasa sangat lama dan menjenuhkan. Namun, mohon untuk didengarkan baik-baik karena informasi yang disampaikan sangat penting. Pembicara memaparkan tahapan perkuliahan dari awal hingga akhir, lama masa studi, persyaratan ujian, persyaratan lulus, hal-hal yang menyebabkan DO dll. Jika tidak memahami hal tersebut, kalian tidak bisa merencanakan proses perkuliahan dengan baik.

Pada sesi siang, ada pemaparan dari bidang perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ini juga penting. Perpustakaan UPI sudah memiliki teknologi yang baik untuk membantu memudahkan mahasiswa mencari dan meminjam buku dengan cepat. Pembicara memperlihatkan tata cara masuk perpustakaan yang benar beserta peraturannya. Ada juga tutorial mengembalikan buku menggunakan mesin. Menurutku, perpustakaannya keren!

Bagian TIK tidak kalah pentingnya. Karena proses kontrak mata kuliah dilakukan secara online, maka mahasiswa harus tahu cara membuat akun UPInet. Akun itu bisa digunakan untuk masuk ke website. Kita bisa mengontrak mata kuliah dan melihat nilai secara online.

2. Hari kedua
Hari kedua, mahasiswa menjalani masa pra perkuliahan berdasarkan jurusan masing-masing. Aku sendiri ditempatkan di gedung FPBS (Fakulats Pendidikan Bahasa dan Sastra), tapi ada juga yang ditempatkan di gedung SPS.

Di hari kedua ini aku kira akan ada kuliah umum dan pengenalan dosen saja, tapi ternyata tidak. Begitu masuk di ruangan aku disuruh menulis essai tentang "my plan to guarantee high standard of study? *i forget* and on-time achievement". Ya kira-kira apa yang akan diakukan agar proses belajar menghasilkan karya berkualitas tinggi dan apa yang ingin dicapai selanjutnya. Serasa curhat. It's serious, only me who didn't take it seriously. My essay was terrible.

Setelah itu kami diarahkan untuk membaca pedoman penyelenggaraan pendidikan UPI. Bacaannya tidak jauh berbeda dengan pengenalan akademik di hari pertama, tapi ini lebih serius. Kami diberikan waktu sekitar 1,5-2 jam untuk membaca perihal pedoman penyelenggaraan pendidikan UPI. Setelah itu mengisi beberapa pertanyaan di kertas yang dibagikan untuk mengetahui seberapa pahamnya mahasiswa mengenai proses dan peraturan perkuliahan.

Sesi kedua setelah istirahat, barulah mahasiswa berkenalan dengan para dosen. Tidak semua dosen hadir, tapi cukup. Mata kuliah pun tidak banyak maka, dosennya terbilang sedikit. Most of them graduated from overseas university. One of the lecturer was funny. He made us laugh all the time, but I don't know what will happen in the class though. Selain berkenalan dengan dosen, di kesempatan itu pun terdapat penjelasan mengenai karakter program studi pendidikan bahasa inggris dan berakhir  hingga pukul 3 sore.

3. Hari ketiga
Ini adalah hari yang sangat penting, hari dimana para dosen akan memaparkan tentang area penelitian yang menjadi bidang mereka. Apapun hal yang berhubungan dengan penelitian, tesis, jurnal dan makalah selalu saja membuatku stres. Di hari pertama pun para dosen sudah memperingatkan bahwa mahasiswa harus mempublikasikan penelitian di konferensi internasional bla bla bla which means I have to do high quality research

Itu membuatku stress. Aku masih tidak tahu apa yang harus diteliti. Alhamdulillah, di hari ketiga inilah aku mendapatkan sedikit pencerahan. Dengan pemaran dosen tentang area dan topik penelitian, aku memiliki sedikit rasa penasaran dan gambaran tentang penelitian yang akan aku buat kelak. Walaupun masih agak bingung untuk melangkah, tapi setidaknya anak tangga sudah terlihat.

4. Hari keempat
Hari terakhir pra perkuliahan ditutup dengan presentasi tentang penulisan dan publikasi jurnal oleh Prof. Choong Chee Keong dari Universitas Tuanku Abdul Rahman (UTAR). Sebenarnya acara tersebut tidak dituliskan di jadwal yang telah dibuat. Sehingga dua pemateri dari UPI terpaksa dimulai ke jam yang lebih siang dengan materi yang sama saja menurutku, publikasi ilmiah.

Sesi setelah istirahat diisi oleh perkenalan Forum Komunikasi Mahasiswa (FKM) dari mahasiswa pascasarjana. FKM ini seperti BEM, tapi isi programnya lebih serius. Kebanyakan seminar dan workshop. Namun, setiap FKM di universtitas lain tentunya memliki program berbeda-beda.

Baik, itu semua acara per acara yang aku jalani selama proses pra perkuliahan. Sekarang aku sudah mulai bersiap untuk mengunduh dan membaca ratusan jurnal per-minggu nya. Mengenal Scopus dan aplikasi penunjang penulisan karya ilmiah. I know it's going to be a chaos at first week, first semester. I hope I survive this. Perkuliahan dimulai tanggal 4 September nanti, hari Senin.

Baca juga:

2 comments on "Kegiatan Pra Perkuliahan Pascasarjana UPI"
  1. terima kasih atas infonya, mungkin saya akan mencobanya tahun depan. in shaa Allah :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar. Tidak ada link hidup di dalam kolom, ya. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel. Keep blogging, keep writing! :D