Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Mengatasi Keyboard Error: tanda petik " tertukar tanda et @

Friday, February 9, 2018
Keyboard adalah perangkat keras yang paling banyak digunakan dengan frekuensi tinggi. Penggunaannya pun kadang seenaknya. Maka tak heran, paling gampang rusak dibandingkan bagian lain. Baru-baru ini, keyboard laptop mengalami gangguan. Ketika ditekan angka "a" yang muncul "az". Ditekan huruf "g" yang muncul huruf lain. Bahkan ada tombol yang tidak berfungsi sama sekali.

Merasa kesal karena gangguan terjadi menjelang pengumpualan tugas kuliah, akhirnya untuk sementara aku putuskan memakai keyboard eksternal. Dengan seketika masalah di atas teratasi. Namun, masalah lain muncul. Ketika ingin memunculkan tanda et "@" , yang muncul malah tanda petik ("). Begitu pun sebaliknya. Seolah-olah kedua tanda itu tertukar posisi. Padahal huruf dan simbol yang lain normal-normal saja.

Lantas aku mencoba cara lain lagi dengan memunculkan keyboard virtual di layar monitor. Hasilnya, masih sama. Tombol lain memunculkan simbol yang sama dengan yang dipilih, kecuali si tanda petik dan et yang masih tertukar. Mau dibawa ke tempat service laptop gak ada waktu. Belum lagi katanya akan menghabiskan uang cukup banyak.

Aku pun mencari solusi di internet untuk mengatasi keyboard error dimana tanda petik (") tertukar dengan tanda et "@". Hampir saja aku membeli keyboard eksternal baru, termyata berdasarkan hasil pencarianku hal itu bukan kerusakan atau pun error. Kesalahan bukan terletak pada hardware melainkan pada settingan keyboard di laptop.

Jadi, settingan keyboard di laptopku menggunakan keyboard layout UK (United Kingdom). Sedangkan keyboard yang biasa dipakai di Indonesia memiliki layout US (United State). Sehingga, laptopku mendeteksi tanda petik (") di keyboard sebagai tanda et "@". Maka yang harus dilakukan adalah dengan menyesuaikan setinggan bahasa default di laptop.

Berikut cara untuk mengatasi masalah tanda petik (") dan tanda et "@" yang tertukar.

1. Masuk ke control panel
2. Di bagian "clock, language, and region" pilih add a language.
3. Pilih English (United State)

Jika tidak ada klik "add a language", kemudian pilih dan masukan (add) English (United State). 

Jika terdapat lebih dari satu bahasa di tabel "language preference". Tempatkan English (United State) di posisi paling atas dengan cara diklik terlebih dahulu bahasa yang ingin dipindahkan, kemudian klik "move up" hingga posisinya menjadi paling atas. Terakhir hapus bahasa yang lain. Caranya, klik bahasa yang ingin dihapus dan pilih remove.

Apabila sudah terdapat tulisan "keyboard layout: US" disamping bahasa English (United State), itu artinya settingan tampilan keyboard di laptop sudah US dan sesuai dengan keyboard yang umumnya dipakai di Indonesia.

tanda petik " tertukar tanda et @


Semoga bermanfaat dan berhasil mengatasi masalah di keyboard.


Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D