Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Pertimbangkan Hal Berikut saat Memilih Baju Koko untuk Anak

Friday, July 20, 2018
Baju koko identik dengan pakaian khas muslim Indonesia. Baju ini sering dipakai dalam setiap kegiatan ibadah harian bahkan hingga di Hari Raya. Dilihat dari nama yang disematkan, “koko” tidak memiliki unsur islami. Berdasarkan penulusuran sejarah nama tersebut berasal dari kata “engkoh”, yakni suatu panggilan bagi lelaki China ataupun keturunan dan biasa orang Indonesia sebut dengan “koko”.

Pada awalnya, ​baju koko ​memang biasa dipakai oleh laki-laki China dan keturunannya di Indonesia. Kemudian pada tahun 1980-an, masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam tertarik untuk menggunakan model baju koko. Maka, terjadilah asimilasi (percampuran dua budaya) dalam pemakaian baju tersebut.

Baju koko​ digemari bukan hanya oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Macam dan model pun beragam dan terus berkembang. Hal tersebut di sisi lain sangat baik, tetapi di lain sisi memunculkan kebingungan dalam memilih baju koko anak. Untuk membantu bunda memilih baju yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih.

1. Bahan kain
Zaman dulu, bahan ​baju koko​ bisa mencirikan status sosial dimana orang kalangan atas biasa menggunakan sutra sedangkan linen dan katun ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah. Karena proses asimilasi dan nuansa islami, baju yang banyak tersebar untuk acara ibadah umat muslim didominasi bahan linen dan katun atau bahan lainnya, terkecuali sutra. Hal ini dikarenakan oleh sabda Rasulullah yang melarang lelaki muslim mengenakan pakaian berbahan sutra. 

“Nabi shallallahu’alaihi Wassalam melarang kami memakai pakaian sutra dan dibaj (sutra yang bergambar), dan melarang kami duduk di atasnya” (HR. Bukrai no. 5837).

Jika harus memilih antara linen dan katun, untuk anak-anak, terutama mereka yang aktif, disarankan memilih bahan katun. Ini dikarenakan katun memiliki sifat mudah menyerap keringan dan bisa menjaga pemakainya tetap sejuk. Bunda pun dimudahkan saat proses pencucian karena kotoran pada kain katun mudah dihilangkan.

2. Panjang baju koko
Berdasarkan ukuran panjangnya, terdapat dua jenis baju koko yang banyak dipasarkan saat ini, yaitu baju koko kemeja yang memiliki panjang di bawah pinggang hingga daerah paha dan baju koko semi gamis yang memiliki panjang beberapa senti di bawah lutut.

Anak akan terlihat sangat lucu dengan panjang semi gamis. Namun, perlu disesuaikan juga dengan aktivitas anak. Memilih model kemeja akan lebih cocok untuk anak aktif karena panjang baju tidak menghalangi gerakan berlari.

3. Bawahan baju koko
Tidak seperti model baju dewasa, beberapa baju koko anak tersedia dalam setelan, yaitu atasan, bawahan dan kopiah yang selaras dengan motif bawahan. Untuk bunda yang tidak ingin repot memilih kembali untuk bawahan baju koko, tipe setelan ini akan mempermudah belanja. Hal yang mugkin perlu diperhatikan adalah jenis bawahan.

Terdapat beberapa jenis bawahan dalam setelan baju koko anak. Jenis celana adalah tipe yang paling mudah untuk dipakai dan cocok untuk sifat anak aktif. Jenis sarung bisa dipilih untuk memunculkan kesan lebih dewasa, tetapi sedikit membatasi anak bergerak. Terakhir, jenis sarung-celana yang merupakan kombinasi sarung dan celana. Dari depan akan nampak anak seperti memakai sarung sedangkan dari belakang terlihat seperti memakai celana. Kombinasi ini memudahkan anak yang ingin bersarung mengikuti orang dewasa tanpa membatasi gerakan dan sangat mudah dipakaikan.

4. Hindari motif batik
Motif baju anak biasanya didasarkan pada sifat riang dan ceria. Motif batik yang biasanya dipakai untuk acara formal kurang begitu pas untuk disandingkan dengan baju koko anak. Kesan yang muncul terlalu formal dan dewasa, berkebalikan dengan image ceria. Akan tetapi, pilihan tetap berada di tangan bunda dan sang anak.

Jangan salah pilih ya bunda. Dari empat poin pertimbangan tadi, ketertarikan anak terhadap baju adalah hal yang paling penting. Mubazir apabila anak tidak mau memakai baju yang dipilih bunda. Nah, sudahkah bunda mempersiapkan baju koko anak untuk Hari Raya nanti?
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D