Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Laptopku: Asus Lagi dan Lagi

Sunday, September 2, 2018

Laptop ASUS adalah teman seperjuanganku sejak masa kuliah S1 bahkan hingga sekarang berkuliah S2 dan menjadi seorang blogger. Sejak 2014, kepercayaanku terhadap brand ini terus bertambah sehingga setiap membeli laptop pasti ASUS dulu yang dilirik. Tercatat tiga kali aku memiliki laptop ASUS. Laptop ASUS yang pertama kali aku miliki adalah si Hitam, ASUS tipe X200CA. PC kecil dengan body yang kokoh itu telah membantuku menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan S1 hingga awal perkuliahan S2 pada akhir tahun 2017 kemarin.

Puas memakai si Hitam, aku menggantinya dengan si Putih, yaitu ASUS E203NAH. Si Putih ini adalah sebuah rezeki yang dikirim berkat salah satu tulisanku di blog. Pada waktu itu aku ingin membeli laptop baru, tapi belum mempunyai cukup uang dan malu meminta kepada orang tua. Sepertinya Tuhan mendengarkan keluh kesahku. Tiba-tiba saja, ada seseorang yang mengajakku untuk mengikuti lomba blog dengan hadiah utama laptop ASUS. Tanpa disangka, aku keluar sebagai salah satu pemenang. Dengan rasa senang dan haru aku membawa pulang si Putih. Momentum indah pada waktu yang tepat!

2018: Aku Memilih ASUS Lagi

Sadar dengan peningkatan kebutuhan dimana aplikasi dan pekerjaan bertambah berat, aku mulai membutuhkan laptop dengan proses komputasi handal. Apalagi, teman-teman memintaku untuk “bermain” di area YouTube yang sudah pasti akan berurusan dengan file video berukuran besar. Tentu notebook seperti si Hitam dan si Putih tidak kuat untuk mengolah grafis berat. Jadi, aku mengganti PC mungilku dengan laptop yang lebih powerful. 

Tanpa ragu, brand ASUS ku pilih kembali di tahun 2018 ini karena sudah terbukti tangguh dan sesuai dengan kepribadianku yang sederhana, tidak neko-neko. Lebih menunjukan aksi daripada tampilan semata. Saat ini laptop andalanku adalah ASUS A405U. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih ASUS A405U, yakni kecepatan dan mobilitas. 

Orang-orang sudah sangat anti dengan laptop lemot dan berlomba-lomba memiliki laptop dengan prosesor terbaru. Padahal, untuk masalah kecepatan bukan saja prosesor yang perlu diperhatikan. Ketersediaan memori SSD sangat penting! Sayangnya, laptop berSSD rata-rata memiliki harga di atas 10 juta. Menariknya ASUS A405U dengan intel i5 ini dibandrol dengan harga 9,6 juta saja!

Kemampuannya sesuai dengan prediksi. Membuka aplikasi apapun sangat cepat. Dulu aku harus menunggu lebih dari 1 menit untuk membuka Microsoft Word. Lelah kan? sekarang, tidak sampai 5 detik aplikasi sudah terbuka. Kemudian, mengolah video dan foto pun tidak menguras emosi. Betapa kesalnya dulu setiap kali bergelut dengan Photoshop. Banyak loadingnya dibanding editing. Dengan Asus A405U mau edit foto atau video, semua lancar jaya! Serasa memiliki laptop belasan juta hahaha

keunggulan a405u


ASUS A405U pun terbilang sangat ringan untuk ukuran sebuah laptop 14 inch. Bandingkan saja, laptop kakakku dengan ukuran layar yang sama memiliki berat 2,4kg sedangkan ASUS A405U hanya berbobot sekitar 1,4kg saja. Sangat ideal bagi para mahasiswa yang sudah terbebani oleh tumpukan buku dan beban hidup kos-kosan. Rasanya tak perlu dibebani lagi oleh laptop berat di punggungnya. 

Sampai saat ini aku belum menemukan kekurangan yang mematikan dari ASUS A405U, tapi jika ditanya “ingin ganti laptop?”, akan ku jawab, “IYA!” karena pada dasarnya manusia memang tidak pernah puas. Selalu ingin yang lebih baik. Aku pun demikian. Ingin selalu berganti laptop, tapi tidak akan berganti merek. ASUS TP410 menjadi incaran selanjutnya.
 

Apa yang ASUS TP410 Miliki? 

A405U-ku agaknya masih tergolong salah satu laptop baru, sama seperti TP410. Satu keunggulan yang sama-sama dimiliki keduanya adalah nano edge display. ASUS benar-benar menggunakan tempat secara efektif. Tempat layar laptop kini memiliki tepian tipis sehingga layar terlihat lebih lebar. Ada banyak fitur TP410 lain yang tidak dimiliki oleh laptop ASUSku dan membuatku ingin mencobanya. 

TP410 sangat menunjang mobilitas tinggi. Dengan bobot sekitar 1,6kg, pengguna bisa menenteng laptop kemana pun. Lebih keren lagi, TP410 memiliki bentuk modern yang bisa ditransformasikan ke dalam 4 bentuk, yaitu bentuk laptop biasa, media stand, tablet dan share viewer. Ketika memerlukan laptop secara mendadak, kita tidak “kagok” untuk meluarkan TP410. Tinggal pasang dalam mode media stand atau tablet agar lebih ringkas.

asus laptopku

Teknologi tinggi TP410 sangat menggiurkan bagi kalangan muda yang selalu up-to-date. Dari dulu ingin sekali aku mencoba laptop berlayar sentuh. Sepertinya lebih praktis ketika memilih tool. Tidak perlu menggeser-geser mouse. Jadi, TP410 akan memberi keleluasaan berekspresi dalam proses editing video dan foto. Selain itu, tentu saja layar sentuh terlihat lebih mewah dan kekinian kan ya? Benar-benar terlihat jiwa mudanya. 

Untuk menjaga keamanan data, sistem pengamanan pun dibuat lebih canggih dengan sensor finger print (sidik jari). Dengan TP410, tidak perlu menunggu lama dan menekan banyak tombol untuk membuka laptop. Cukup tempelkan jari di sensor saja. Fitur ini biasa dipakai oleh laptop kelas atas. Membuat pengguna merasa lebih praktis dan aman dalam menyimpan data. 

Terakhir, prosesor TP410 sangat menggiurkan. Beberapa kali membaca artikel, TP410 ternyata memiliki banyak varian dan menyuguhkan prosesor hingga intel i7 sedangkan A405U punyaku mentok di i5. Prosesor kelas atas itu tersedia di varian TP410UR-nya. Aku belum bisa membayangkan seberapa cepatnya proses pengolahan data di laptop intel i7 nanti. Katanya sih, lebih cepat dari i5 padahal laptop i5ku yang sekarang saja sudah terbilang sangat cepat. Wah, pasti keren! 

Secara keseluruhan, ASUS TP410 menawarkan kebebasan bagi seorang blogger. Membebaskan segala halangan dalam editing video dan foto lewat teknologi layar sentuh dan nano edge display. Membebaskan dari kelambatan proses komputasi lewat dukungan prosesor handal hingga i7. Membebaskan kekhawatiran akan keamanan lewat sensor finger print. Terakhir, membebaskan diri berkreasi dimana pun, kapan pun, lewat keluwesan bentuk.

lomba blog asus

Tulisan ini diikutsertakan pada
ASUS LAPTOPKU BLOGGING COMPETITION

12 comments on "Laptopku: Asus Lagi dan Lagi"
  1. Replies
    1. Thank you, sri.. yuk ikutan lombanya :)

      Delete
  2. Barusan beli juga TP410, mayan enak dipakai dan cukuplah buat sehari hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas review singkatnya, jadi semakin penasaran ingin coba... :D

      Delete
  3. Dulu saya juga pake ASUS X200CA, tapi setelah itu sy dpt yg lebih bagus lagi dari ASUS, dan performanya emang keren

    ReplyDelete
  4. Laptop ASUS emang tergolong awet ya Mb. Kalo sy dulu pas kuliah nggak punya laptop, numpang mulu kerjanya. Habisnya duit gak cukup buat beli laptop. Hiks, kok jd curhat. Wkwkwk... Tp alhamdulillah ,akhirnya lulus juga wkwkkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangannya luar biasa sekali mbak. . . alhamdulillah mbak bisa lulus karena malah banyak orang yg sangat tercukupi kebutuhannya tapi susah lulus kuliahnya :D

      Delete
  5. Iya nih, wajib ganti laptop dengan laptop ASUS Flip TP410 biar makin produktif.

    ReplyDelete
  6. Wow, pengalaman sama ASUSnya banyak juga yah, meski ganti-ganti laptop tetep pilih ASUS juga. Kalau memang dah nyaman susah yah cari merek lain.

    Btw keren nih ASUS VivoBook, seneng sama fitur layar sentuhnya, pengen bgt punya laptop yang bisa jadi tablet gtuh

    ReplyDelete
  7. Wah keren Asus semua laptopnya... Mudah-mudahan bisa dapet TP410 ya biar bisa icip-icip layar sentuh sama kecanggihannya yang lain.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    ReplyDelete

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D