Personal and Lifestyle Blog by Rahma

#Day 2 Blog Harus Bermanfaat Bukan Hanya Curhat

Wednesday, November 21, 2018

Sebelum memiliki blog ananrahma.com, aku sudah memiliki satu beauty blog, rahmaediary.com, terlebih dahulu. Sempat bingung menentukan tema blog pada waktu itu karena aku lebih senang curhat-curhat gak jelas untuk memenuhi kesenangan batin tanpa mempertimbangkan tujuan jangka panjang. I mean karena sering curhat gak jelas akhirnya blog aku juga gak jelas.

Setelah beberapa kali ganti blog, ternyata aku lebih tertarik pada jenis artikel review karena sangat membantu saat ingin membeli barang atau jasa. 

Review is racun
Menurutku, review itu sangat informatif. Well, tingkat “informatif” sebuah tulisan memang tergantung dari kualitas tulisan si penulis sendiri sih ya, tapi Secara umum dan secara teori review ditujukan untuk memberikan gambaran suatu produk atau jasa kepada calon konsumen. Gambaran ini yang kemudian bisa dijadikan referensi bagi pembaca untuk memutuskan apakah akan membeli atau tidak. Terutama sebagai seseorang dengan tight budget, aku sangat ribet dalam urusan belanja. Mungkin pada umumnya, semua wanita seperti itu. Selalu membandingkan harga dan kualitas satu produk dengan produk yang lain, sehingga membutuhkan banyak ulasan.

Efek negatifnya, ulasan ini berubah menjadi racun. Membuat orang terus-menereus membaca review di blog dan akhirnya gak jadi beli. Ini benar-benar aku alami sendiri. Pernah melakukan “research” terhadap satu produk dengan membaca banyak ulasan dari berbagai blog (luar dan dalam) selama berbulan-bulan. Lama-lama ragu dan akhirnya gak jadi beli.

Dari semua tipe review aku sangat senang dengan beauty review. Oleh karena itu, aku buat beauty blog rahmaediary.com. Mengapa mesti beauty? Kenapa gak buku, film dll? Aku kurang suka baca buku. Hanya sesekali aja, jadi takut berhenti di tengah jalan pas ngeblognya. Film? Aku suka film tapi takut disangka sebar spoiler. Lagian aku suka nonton film bajakan dari internet. Gak ada rasa kebanggaan gitu deh.

Aku dulu sama sekali gak tertarik dengan kosmetik. Kemudian sekitar tahun 2014-an, aku mulai teracuni oleh bisikan seperti ini:

“loh ko orang-orang bisa dapat pasangan. Kok aku belum? Apa aku kurang cantik ya? Itu kenapa mukanya bisa mulus, putih tanpa cacat gitu? Itu kenapa orang kok mukanya bisa selalu fresh dan sedap dipandang terus sih?”

Dari sana aku mulai mencoba bb cream, bedak, lipstick. Riasan pertama, menor banget. Bibir pecah. Bedak bercampur keringat, lusuh dan mengkilap gitu deh. Enggak banget lah kalau diingat-ingat. Nah, karena aku merasa failed, I think “maybe, I chose wrong products”. Mulai deh menggali pengetahuan seputar kecantikan, makeup dan skincare, lewat beauty blog, seperti sisterdyne dan racunwarnawarni.

Selain konten yang bermanfaat, hal lain yang membuat aku tertarik dengan beauty blog adalah keindahannya. Foto-foto nya itu loh feminine dan cantik. Maka aku mantapkan untuk membuat beauty blog rahmaediary.com pada awal tahun 2016.

Kegagalan dulu saat membeli produk kecantikan aku sajikan di blog. Mana produk yang cocok di kulitku mana yang enggak. Nyatanya, ulasan ringan dengan foto menarik sangat diminati oleh banyak orang, terutama perempuan. Hingga saat ini pun aku masih terus menulis review kecantikan. Walaupun tidak sesering dulu, tetap minimal sebulan sekali membuat review.

Temenku juga pernah bilang, “di Indo mah beauty blog itu jenis blog yang paling laris ya.” Aku setuju sih. Waktu blog masih “kecil” yang ngajak kerjasama lumayan banyak loh. Hasilnya, aku gak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli beberapa produk kecantikan.

Blog curhat-curhat
Selain blog review, aku juga suka blog curhat-curhatan. Buatku curhat sama aja kaya review, menceritakan kembali, mengulas kembali masa lalu. Dari curhat-curhat ini aku bisa bercermin dan mengenal karakter orang lebih banyak.

Aku buat ananrahma.com ini sebagai tempat curhat loh, tapi masih agak gak pede buat curhat bebas. Mungkin karena skill menulis masih kurang baik jadi cerita personal yang ku tulis agak kurang enak dibaca. 

Asiknya, lewat blog curhat-curhat aku bisa menceritakan pengalaman menarik seperti pengalaman melamar beasiswa, ikut tes masuk perguruan tinggi, jalan-jalan dll. Gak melulu mesti menceritakan kejadian berbau “drama” atau kocak.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, itu dia dua tema blog yang aku senangi. Sebenarnya sih, inti dari sebuah blog agar disukai adalah konten informatif dan bermanfaat. Gak bertele-tele dan gak kebanyakan iklan. Apa tema blog yang kalian sukai?
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D