Personal and Lifestyle Blog by Rahma

#Day1 Ngeblog Bikin Menulis Tambah Asik

Tuesday, November 20, 2018

manfaat blogging ananrahma.com

Aku sedang mengikuti #BPN30DayChallenge2018 bersama Blogger Perempuan. Tema hari pertama adalah “kenapa menulis blog?”. Jawaban singkatnya sih karena blog memiliki banyak fitur yang lebih mempuni untuk menyebar informasi dibandingkan media social seperti facebook, Instagram. Mau tahu jawaban panjangnya? 

Gak sekedar ingin eksis 
Memang untuk menyebarkan informasi saat ini sangat mudah dilakukan melalui media social (medsos) Instagram, facebook, dan twitter, tapi aku tetap lebih suka menulis di blog. Kalau medsos rasanya lebih enak menyebar berita singkat sedangkan blog memungkinkan kita untuk menulis panjang lebar dengan gambar yang banyak dan lebih terorganisir. 

Karena sifat itu, orang-orang yang ngeblog biasanya akan senang membaca dengan informasi yang lebih lengkap. Gak cuma jago komentar sambil tebak-tebakan (karena informasi konten terbatas) dan nyinyir. 

Aku sendiri awal serius ngeblog itu karena tugas mata kuliah yang mengharuskan menulis postingan tentang rangkuman perkuliahan tiap minggunya. Kemudian, pageview terus naik pada beberapa post dengan topik tertentu. 

Dari sana aku bisa melihat tingginya jumlah pengunjung mencerminkan bahwa banyak orang membutuhkan informasi terkait dengan tulisan itu. Senang banget rasanya jika bisa memberikan manfaat pada orang lain. 

Aku juga termasuk orang yang senang mencari blog untuk referensi saat akan membeli kosmetik. Aslinya, aku malu untuk lama-lama mencoba tester karena mbaknya suka ngelihatin terus. Kalau pernah membaca ulasan terlebih dahulu, setidaknya bisa menebak kira-kira mau beli produk yang mana biar gak perlu mencoba banyak tester. 

Intinya, blog itu lebih fokus ke konten dari pada ke “like” dan “komentar”. Takut kaya Awkarin yang sempat mengalami “gila like dan komentar” di instagram. Ada saatnya ketika bermain medsos, kita mengharapkan like yang banyak. Ketika itu tidak terjadi, ada rasa tidak puas dan sedih. 

Berbeda dengan yang aku rasakan saat ngeblog. Mau ada like dan komentar atau enggak. Gak ada rasa sedih. Aneh. Apa emang aku gak punya ambisi dalam blogging aja gitu ya? Habisnya, aku pun kalau baca blog orang lain gak selalu meninggalkan komentar hehehe yang penting pertanyaanku terjawab dengan postingan itu. 

Belajar menulis rapih 
Bagian ini sangat bermanfaat, tapi susah prosesnya. Supaya postingan blog enak dibaca dan pembaca gak cepat bosan membaca ribuan kata, maka tulisan harus rapih dan nyambung dari satu paragraph ke paragraph lainnya. 

Saat ini jujur aja, aku masih berada di kategori pemula untuk menulis. Masih belum mengikuti EYD dengan tata Bahasa yang benar, juga masih belum konsisten dalam menulis “tidak, enggak, aku, kita dll”. Semrawut gitu deh jadi tulisanku belum seenak dan serenyah blogger terkenal lain. Namun, alhamdulillah, di dunia nyata aku lumayan terpakai untuk hal-hal menulis. 

Dulu sempat diminta menulis artikel mingguan untuk sebuah tempat les dan sering banget lah ya diminta untuk membantu penulisan tugas karena nyatanya menulis kalimat per kalimat itu gak semudah ngomong. 

Meningkatkan frekuensi membaca 
Menulis tidak akan mudah tanpa membaca. Semua pasti setuju! Kalau konten ingin kaya maka gak ada jalan lain selain membaca berbagai sumber untuk memperkaya informasi. Efek dari ngeblog ini membuatku selalu mencari referensi yang banyak sebelum membuat opini, padahal aslinya aku bukan tipe “kutu buku”. 

Berkreasi untuk menghilangkan stress 
Seperti yang telah aku sebutkan di atas, fitur di blog lebih mumpuni dibandingkan medsos. Lewat blog aku bisa mengenal kode-kode html untuk mengotak atik template blog, mengenal kata SEO, dan belajar editing foto. Prosesnya ribet tapi menyenangkan. Kita bisa berkreasi dengan kata dan warna. 

Gak heran juga sih ketika stress dengan tugas kuliah dan mogok nulis, aku akan pergi ke blog dan menulis. Curhat. Aku anggap itu sebagai “refreshing”. Padahal nulis tugas dan ngeblog sama-sama menulis kan ya? Kenapa lebih senang ngeblog. Ya itu! Blogging itu menyenangkan. 

Berkreasi dengan kata di blog berarti kita membuat tulisan dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca secara umum. Sebaliknya, menulis tugas artinya kita sedang membuat tulisan dengan istilah di bidang tertentu dengan pembaca terbatas, sehingga rasa “senang dan kreatif” juga terbatas hehehe. . . 

Blog ternyata memberikan materi 
Blog bisa memberikan kita uang ternyata terbukti, gaes! Tapi, mohon jangan jadikan ini alasan utama menulis blog ya. Rata-rata blog dengan tujuan utama komersil tulisannya panjang lebar diputar-putar dan banyak pop-up iklan di sana sini. Esensi menulis menjadi hilang. 

Dapat uangnya gimana? Kalau blog memiliki DA/PA tinggi dan pengunjung banyak, biasanya ada orang yang menawarkan sponsor post dan artikel placement. Di Instagram istilahnya sih “endorsement” ya?! Mirip-mirip begitu lah. 

Ada juga “adsense” dari google. Seperti yang aku pasang di blog ini. Lagi merem pun uang tetap mengalir. Enak banget kan ya? Hehehe 

Penghasilan mah sebagai salah satu motivator agar kita tetap bersemangat menulis dan ngeblog. Aku sangat ingin mengajak teman-teman lain untuk ikut ngeblog juga. Mengapa? Agar bisa merasakan bahwa blogging itu menyenangkan dan juga ingin membudayakan kebiasaan menulis dan membaca, sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi. 

Literasi? Ntar kita bahas itu. Yang jelas, di dunia nyata aku diharapkan menjadi seorang guru, dan betapa mirisnya hati ini ketika melihat anak-anak gak pede menulis dan berbicara di depan kelas. Padahal mereka sangat jago berkoar-koar lewat komentar di medsos :’) 

Aku rasa sudah cukup tulisanku menjawab pertanyaan “kenapa menulis blog?”. Sampai jumpa bertemu di postingan selanjutnya. 

Salam sukses untuk teman-teman blogger lainnya. Terima kasih kepada Blogger Perempuan yang tanpa lelah menyemangati para blogger untuk ngeblog!
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D