Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Alur Pembuatan KTM (UPI) yang Hilang

Monday, December 24, 2018
Membuat KTM UPI

Bingung banget gak sih ketika KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) hilang? Bangets! Itu yang aku rasakan beberapa waktu kemarin. Tanggal 13 Desember, aku kehilangan KTM yang merangkap menjadi ATM di BEC Bandung. Kayaknya sih, selesai mengambil uang aku lupa mengambil kartu dari mesin ATM-nya. Bisa jadi kartunya tertelan mesin. Well, I don’t know exactly. 


Satpam BEC sendiri tidak begitu banyak membantu permasalahan sehingga hal yang selanjutnya aku lakukan adalah meminta pemblokiran ATM ke pihak BNI 1500046. Cemas banget saat itu karena aku benar-benar tidak tahu proses pembuatan KTM yang hilang. 

Sampai akhirnya ada teman yang membantu serta beberapa informasi yang aku temukan lewat internet, khususnya di akun Facebook BEM Rema UPI

Persyaratan untuk membuat KTM baru di bank adalah sebagai berikut:
  1. Surat kehilangan dari polisi/K3
  2. Formulir pembuatan ATM dari bank yang ditempel pas foto berwarna 3x4 dan telah dicap BAAK
  3. Buku tabungan BNI
  4. KTP

Berikut proses pembuatan KTM:

1. Melaporkan kehilangan ke kantor K3 UPI untuk dibuatkan surat pengantar kehilangan

Mungkin permasalahannya adalah dimana kantor K3 UPI itu? Kalau dilihat di denah, kantor K3 berada di belakang Museum Pendidikan Indonesia. Not exactly there. Terpisah oleh jalan kecil. Kalau bingung, coba saja telusuri jalan kecil di pintu masuk khusus motor, di area belakang museum.

letak kantor k3 UPI

Petugasnya kemarin ramah banget dan cepat dalam pembuatan suratnya. Gak sampai 10 menit kok dan itu gratis. Selesai mengurusi surat, petugasnya mengarahkan:
“coba langsung ke bank dulu. Siapa tahu bisa langsung dibuatkan ATM tanpa perlu surat keterangan hilang dari polisi. Jika pun harus membuat surat ke polisi, coba minta ke polsek Sukasari di Gerlong Hilir”
Lalu, aku pun pergi ke bank. Kemudian, satpam bank bilang:
“kalau kartunya hilang di area kampus, surat dari K3 sudah cukup, tapi kalau hilangnya di luar kampus perlu surat kehilangan dari polisi.”
Dari satpam bank juga aku memperoleh formulir pembuatan ATM baru. Nah, setelah mendapatkan formulir aku pergi ke kantor polisi deh.

2. Melapor ke kepolisian untuk membuat surat kehilangan disertai dengan surat pengantar (1) dari K3

I don’t like being there, in the police station. Penampilan petugasnya garang kan ya? aku kebingungan saat membuat surat. Gak ada penyambutan. Emangnya pejabat yang perlu disambut 😅 hehehehe Beda dengan satpam bank, yang kalau lihat orang kebingungan langsung ditanya dan dibantu. 

Oke lah, singkat cerita surat kehilangan sudah dicetak oleh petugas. Biaya pembuatannya gratis, tapi ntah ya aku otomatis aja ngomong,  “Pak, ada biaya administrasinya?” dan petugasnya bilang,  “terserah…”. 

Bingung deh. Kalau jawabannya terserah, makna yang aku tangkap sih “gak ada biaya administrasi tapi mengharapkan diberi”. Kalau gak ngasih takutnya mengecewakan harapan si petugasnya 😔 jadi aku kasih 10 ribu 😀 Semoga cukup.

Lesson learned, kalau gak diminta atau diberitahu ada biaya administrasi gak usah sok-sokan nanya. Toh, kalau pun ada, si petugas pasti bakal minta sendiri dan jelas prosedurnya.

3. Ambil surat formulir pembuatan kartu ATM/KTM di bank BNI

Langkah ini sudah aku lakukan usai dari K3 (1)

4. Meminta cap dari bagian akademik (BAAK)

Formulirnya diisi dan ditanda tangan. Jangan lupa untuk menempelkan dua buah pas foto ukuran 3x4 di formulirnya karena BAAK tidak mau mencap jika tidak ada foto. Untuk mendapatkan cap bisa tanya dulu ke bagian akademik yang mengurusi jurusan masing-masing. Nanti di arahkan ke kantor urusan pembuatan KTM.

Kantornya ada di ujung gedung paling kiri. Silahkan tanya-tanya di BAAK lah ya. Nanti ditunjukkan kok. 

5. Kembali ke BNI untuk membuat kartu KTM

Selesai mendapatkan cap dari BAAK, aku kembali ke bank untuk membuat KTM. Surat keterangan hilang, formulir, KTP dan buku tabungan adalah empat persyaratan yang perlu dilampirkan saat membuat KTM yang baru di bank.

Setelah pencatatan data, aku difoto untuk pencetakan KTM. Tidak memerlukan waktu lama, hanya proses mengantrinya saja yang lama 😅 dan tahapan pembuatan KTM hilang pun telah selesai. Bisa beres satu hari kok. Alhamdulillah.

Langkah-langkahnya memang ribet ya, tapi KTM itu sangat penting jadi layak untuk diperjuangkan. Semoga teman-teman tidak perlu melakukan langkah-langkah melelahkan di atas 😇

1 comment on "Alur Pembuatan KTM (UPI) yang Hilang"
  1. Kak kalau hilangnya di sekitar rumah polseknya hrs yg sekitar rmh juga nggak?

    ReplyDelete

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature