Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Sekilas Mengenai Kurikulum dan Daftar Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris S2 UPI

Saturday, May 25, 2019
Saat melamar beasiswa, biasanya kita diharuskan untuk menulis esai rencana studi yang berisi tentang rencana perkuliahan dan kegiatan di kampus, termasuk rencana pengambilan mata kuliah. Masalahnya, calon mahasiswa tentu tidak memiliki informasi lengkap mengenai jumlah mata kuliah serta sks yang harus diambil setiap semesternya. Oleh karena itu, aku menulis artikel ini agar teman-teman bisa menambah informasi untuk penulisan esai rencana studi nanti.

Daftar mata kuliah yang aku perlihatkan nanti memiliki batasan. Mata kuliah yang aku screenshot disediakan bagi angkatan 2017 maka peraturan akademik yang aku jabarkan nanti pun terbatas pada angkatan 2017 juga. Jika teman-teman ingin informasi yang lebih akurat mengenai peraturan akademik atau kurikulum UPI, silakan cari dokumen "pedoman penyelenggaraan pendidikan UPI 2018" di google. Sesuaikan tahun dengan yang terbaru.

Baik, berikut daftar mata kuliah pendidikan bahasa Inggris jenjang magister/S2 UPI angkatan 2017.


Jumlah maksimal sks per semester adalah 15 sks dengan tiga sifat mata kuliah. Mata kuliah matrikulasi hanya diwajibkan bagi mahasiswa non-linier. Mata kuliah wajib artinya semua mahasiswa wajib mengambil mata kuliah tersebut. Mata kuliah pilihan tidak wajib diambil, tetapi ada batasan jumlah SKS untuk pengambilan mata kuliah pilihan.

Contoh, jumlah mata kuliah pilihan yang diambil selama proses perkuliahan (hingga semester 3/4 menjelang tesis) sekurang-kurangnya memiliki beban 8 SKS (total). Diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah pilihan lebih dari beban yang ditentukan, tetapi tidak direkomendasikan. Untuk akurasi jumlah beban sks yang harus dipenuhi silakan baca kembali buku pedoman penyelenggaraan akademik.

Mata kuliah bertanda bintang artinya ada syarat untuk mengambil matkul tersebut. Biasanya kita disyaratkan harus sudah mengambil matkul A di semester sebelumnya agar bisa mengambil matkul B***. Contoh, untuk mengambil qualitative data analysis kita harus sudah mengambil matkul qualitative research di semester sebelumnya.

Waktu di angkatanku, mata kuliah disediakan berdasarkan semester seperti pada tabel. Ketika awal masuk pun kami sudah diberikan "paket" mata kuliah wajib untuk semester 1, tapi matkul pilihan tetap diserahkan pada mahasiswa masing-masing. Kebijakan ini berbeda dengan angkatan 2018 kemarin, mengontrak matkul baik wajib ataupun pilihan diserahkan sepenuhnya pada mahasiswa. Contoh, matkul functional grammar yang dulu kami bisa kontrak pada semester 3, bisa diambil di semester 1 oleh angkatan 2018.

Intinya sih, setiap angkatan terkadang memiliki peraturan yang berbeda-beda. Aku sarankan sering bertanya pada kaka tingkat yang paling muda agar informasi yang diberikan lebih up-to-date.

Untuk kegiatan di luar kelas seperti himpunan mahasiswa atau pun UKM lainnya, terus terang saja, aku tidak begitu tahu. Sempat diberikan materi tentang kegiatan kampus saat pra-perkuliahan tetapi aku tidak begitu memperhatikan karena tidak tertarik. Yang aku ingat sampai sekarang sih HIMMPAS (Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana UPI) dan himpunan mahasiswa pascasarjana (general bukan muslim saja).

Nah, itu semua yang aku tahu mengenai kurikulum/silabus atau daftar mata kuliah pendidikan bahasa inggris S2 UPI. Semoga bermanfaat. 
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature