Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Buat Soto Ayam Lamongan Spesial Dengan Resep Berikut

Saturday, May 4, 2019
Ayam menjadi bahan untuk beragam masakan salah satunya yaitu soto ayam. Soto ayam yang dikombinasikan dengan kuah, bawang goreng dan racikan lainnya tentunya sangat lezat. Walau sangat terkenal, masih saja ada beberapa orang yang belum tahu apa cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat. Kita semua lebih baik tahu resep soto ayam enak satu ini, kalau ingin menyajikan hidangan terlezat untuk keluarga. 

Memang ada banyak cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat. Terdapat salah satu resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak yang patut Anda ketahui yaitu seperti Soto Ayam Spesial Lamongan.

Bahan pembuatan hidangan soto ayam spesial khas lamongan ini yaitu:
ayam kampung 1 ekor, 
kerupuk udang 1/4 kg untuk sebagai bahan koya, 
telur 1/2 kg, 
kecambah 1/4 kg, 
soun 1/4 kg, 
kol 1/4 kg, kentang 
1/4 kg, 
daun seledri 1 ikat, 
jeruk nipis 6 buah, 

Bumbu:
bawang putih 10 siung, 
bawang merah 6 siung, 
daun jeruk 5 lembar, 
daun salam 5 lembar, 
kemiri 4 biji, 
daun bawang 3 atau 4 batang, 
daun sereh 2 atau 3 batang, 
lada 1 sdt, ketumbar 1 sdt, 
kunyit sejempol tangan, 
jahe sejari telunjuk, 
lengkuas seujung jempol, 
gula pasir dan juga garam secukupnya saja.


Sedangkan untuk cara membuat hidangan soto ayam spesial khas lamongan ini yaitu:
1. Pertama-tama dengan merebus ayam memakai air 3 liter. Lalu Anda bisa menghaluskan bumbu hidangan soto ayam spesial khas lamongan ini 14 hingga 22 menit. Akan lebih disarankan kalau Anda mengulegnya saja.
2. Setelah itu, Anda bisa memasukkan daun jeruk, lalu masukan juga daun sereh dan daun salam kemudian dimemarkan sebentar. 
3. Sesudah bumbu siap, sangrailah memakai minyak goreng, masukkanlah bumbu halus ke rebusan ayam matang. 
4. Masukkan gula pasir, daun bawang yang sudah dipotong 1 cm dan juga garam secukupnya. Angkatlah ayam dan juga tiriskan. 
5. Selain itu, rebus juga telur, kecambah, soun (rebus sebentar saja). Kupaslah kentang, dipotong tipis kecil dan digoreng. Gorenglah krupuk udang dan haluskan. Potonglah seledri kecil-kecil, kupas telur rebus 8 atau 10 bagian. Ambilah ayam yang sudah dingin lalu suwirlah. 
6. Rebuslah bawang putih serta cabe merah rawit, uleglah bawang putih, garam 1/2 sdt dan cabe merah rawit. Masukkan juga nasi, telur, ayam suwir, touge, soun, dan seledri ke mangkok. 
7. Setelah itu siram kuah soto secukupnya. 
8. Langkah terakhir yaitu dengan menambahkan bawang goreng, koya, kentang goreng, sambal dan juga perasan air jeruk nipis. 

Selain dari yang di atas, memang masih terdapat cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat lainnya. Anda bisa memanfaatkan resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak di atas jika ingin menyajikan hidangan terlezat untuk keluarga. 

Itu saja ulasan sederhana mengenai cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat ini supaya Anda bisa lebih puas jika ingin menyajikan hidangan terlezat untuk keluarga. 

Semoga artikel mengenai resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak ini bisa membantu Anda semua. Dengan kuah kaldu panas yang lezat tentunya akan sangat nikmat soto ayam disantap saat suhu sekitar sedang dingin-dinginnya.
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature