Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Waspada saat Berbelanja di Berrylook

Friday, May 17, 2019

Aku tidak bermaksud untuk menjatuhkan Berrylook. Tulisan ini hanya sekedar peringatan atau boleh dijadikan saran dan pertimbangan ketika hendak berbelanja di sana. Sekarang kan bulan Ramadan dimana orang-orang biasanya kalap saat melihat barang cantik yang didiskon besar-besaran seperti yang terpampang di Berrylook. Boleh teman-teman baca dulu beberapa review dari orang-orang yang sudah berbelanja di Berrylook lewat tulisan ini.

Beberapa hari yang lalu ada email masuk ke kotak spam dari berrylook@126.com untuk menawarkan kerjasama penulisan artikel dan banner. Melihat alamat emailnya saja sudah meragukan, tapi aku penasaran dengan toko ini. Setelah aku kunjungi link yang mereka berikan berrylook.com lewat hp, ntah kenapa ada feel "hmmm, ada yang gak beres nih." Jadi aku mencari-cari review dulu. 

Berrylook adalah sebuah toko online fashion yang menargetkan konsumen global dengan basis produksi di Cina atau Hongkong (not sure which one). Website versi Indonesianya bisa dilihat di sini id.berrylook.com dan mereka juga punya instagram resmi @berrylook_official. Produk yang ditawarkan sangat lucu dan fashionable dengan harga murah. Benar-benar sangat memanjakan dompet dan mata wanita lah. Websitenya pun terlihat professional dan baik. Namun, coba teman-teman ketik di Google "berrylook review". Pasti mata terbakar....

Diberikan bintang 1 di Trustpilot.com dan bintang 2 di sitejabber.com

Ada dua site teratas yang muncul ketika aku mengetik kata "Berrylook review" di Google, yaitu trustpilot dan sitejabber. Keduanya adalah site yang menampilkan ulasan dari para user dan konsumen. Untuk Berrylook, mereka hanya memberikan bintang 1/5 dan 2/5 saja.

berrylook review by ananrahma


Hal-hal yang mereka keluhkan adalah pengiriman yang sangat lama, baju yang tidak sesuai dengan deskripsi, pelayan konsumen yang buruk bahkan tidak bisa dihubungi. Pengiriman bisa berlangsung hitungan minggu hingga berbulan-bulan lamanya. Aku sendiri bisa memaklumi pengiriman barang secara internasional itu lama dan tidak mudah, tapi jika sampai 2-3 bulan atau bahkan barang tidak sampai sudah keterlaluan.

Baju yang tidak sesuai dengan deskripsi adalah kasus yang sering terjadi dalam online shopping. Maka, biasanya toko online sering menyediakan jasa pengembalian barang (return) dan pengembalian uang (refund). Akan tetapi, proses pengembalian barang di Berrylook juga ternyata dicap buruk oleh konsumen karena kita harus menanggung biaya kirim yang mahal. Belum lagi, ada kasus dimana customer service tidak merespon email.

Review Youtuber: Berrylook is a scam

Terdapat satu series video review (part 1 dan part 2) dari seseorang yang pernah berbelanja di Berrylook, namanya Shiny Shawn. Di part 1, dia menceritakan pengalaman berbelanja semacam jaket/coat berwarna ungu. Melihat packing pengiriman, sepertinya terbungkus dengan baik. Barang dibungkus pelindung plastik yang lumayan kuat dan dibungkus kembali dengan bahan kertas/plastik dari luar. 

berrylook scam

Yang menjadi fokus dan kekecewaannya adalah pada keadaan barang. Dia memesan ukuran besar XXL tapi jaketnya tetap kekecilan. Dia bilang, "...everything about it I do not like." Di kolom komentar pun banyak sekali orang yang mengalami hal yang sama bahkan lebih buruk. Shiny juga menambahkan, dia akhirnya meminta refund tapi uang yang kembali hanya sebagian dan itu pun memerlukan process sekitar 15-20 hari.

Di video part 2, dia kembali menceritakan kesan setelah berbelanja di Berrylook:
1. "they are rude" - mereka kasar
2. "they don't wanna give your money back." - mereka enggan memproses refund
3. "they won't give you the return address." - mereka enggan memberikan alamat untuk proses return
4. "don't communicate well." - proses komunikasi dengan pelanggan tidak baik
5. "only sent partial of my money." - hanya mengembalikan uang sebagian.

Review Blogger: 3 bulan kemudian barang datang

Agak sulit mencari review Berrylook berbahasa Indonesia. Aku mendapatkan satu tulisan lewat blog destakyu.blogspot.com. Penulis menceritakan awal mula ketertarikan dia berbelanja di Berrylook lewat iklan di instagram. Ketika diklik, iklan itu mengarahkannya ke website Berrylook. Belilah dia baju atasan seharga 185ribuan dengan pembayaran COD karena dia sendiri masih merasa ragu. Toh kalaupun baju gak dapat, uang belum keluar.

Lewat email, pihak toko memberitahukan pesanan akan dikirimkan dalam waktu 7-25 hari. Setelah menunggu lama dan bahkan hampir lupa dengan pesanannya, dia mendapatkan notifikasi lagi bahwa pesanan sudah diantarkan. Kebayang gak sih, order tanggal 7 September dan barang dikirim tanggal 13 November. 3 bulan menunggu barang dikirim. Itu baru dikirim ya, belum diterima.

20 November, barang akhirnya diterima. Menurut dia, barangnya bagus "...  tingkat kemiripan sama yang digambar sekitar 75% lah dan bahannya juga bagus, tebal,..." bahkan menurutnya bahan baju yang dia dapat lebih bagus dibandingkan dengan yang diperlihatkan di website. 

Pengalaman pelanggan satu ini memang tergolong beruntung dengan segala kesabarannya. Tidak komplain dan hanya menunggu. Walaupun masih ragu untuk membeli barang di Berrylook, blogger tadi mengatakan tidak menutup kemungkinan jika dia akan berbelanja lagi di Berrylook. Memang untung-untungan juga sih.

Masih Ingin Mencoba Berrylook?

Nah, kalau teman-teman memang sangat tertarik dan penasaran banget dengan pakaian dan barang yang mereka jual, persiapkan saja mental yang kuat karena kemungkinan barang tiba akan sangat lama. Belum lagi kualitas yang sebagian besar orang pikir tidak baik dan ada faktor keberuntungan. Kadang dapat barang bagus, kadang tidak. 

Aku pribadi tidak merekomendasikan toko ini, tapi jika teman-teman ingin mencoba silahkan saja. Aku mungkin hanya bisa memberikan beberapa saran. Pertama, untuk coba-coba silahkan beli barang yang agak murah dulu. Kedua, gunakan pembayaran di tempat a.k.a COD.

Oia, tulisan ini bukan kerjasama dengan Berrylook. Aku tidak mengirim balasan ke email tadi. Kalau sudah tahu toko ini kurang baik dan kurang terpercaya agak malas juga ya menjalin kerjasama. Takutnya aku emosi menunggu bayaran cair ataupun membaca keluhan/komentar negatif orang-orang hehehe malah jadi menulis gratis buat Berrylook ini ya hahaha.

Tulisan ini hanya hasil "penelitian" ku terhadap Berrylook. Mudah-mudahan informasi yang aku tuliskan terlihat adil, tidak sekedar mengutarakan pendapat pribadi saja. Aku sendiri tidak ada niatan untuk mengompori orang menjelek-jelekan toko ini. Apa yang aku tulis berdasarkan apa yang aku dapatkan dari internet kok. Silahkan cek alamat-alamat web, blog dan akun Youtube yang jadi referensi tadi. Semuanya ada dan bisa diakses oleh publik.

Hati-hati saat berbelanja online. . . 
Selamat berbelanja :)


Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature