Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Ngegofood Baso Aci Acay (Garut) Bikin Ngacay

Friday, October 18, 2019
baso aci acay garut

Udah tahu gak sih, sekarang Garut bukan cuma menjadi kota dodol tetapi juga kota baso aci 😁 Banyak pengusaha baso aci bermunculan dengan segala tema baso acinya. Aku merasakan tren kuliner ini naik daun sejak Festival Baso Aci Garut menjelang Bulan Ramadhan pertengahan tahun 2019 kemarin digelar. Dari sekian banyak pedagang, Baso Aci Acay sedang menjadi salah satu baso aci yang paling disorot.

Sekilas namanya bikin jijik 😂 Acay means air liur. Tetehku sampai gak mau makan baso aci ini. But, aku penasaran banget sama rasanya dan kemudian ngegofood dari tempat kerja. Biarlah harganya lebih mahal Rp. 3000,- yang penting bisa mencicipi. 

Mereka mulai buka pukul 11 pagi hingga sekitar jam 8an malam dan punya dua tempat usaha. Satu di perumahan Cempaka dan satu lagi di jalan Pasundan. Tapi, yang terdeteksi di gofood cuma cabang Cempaka aja 😕 

Apakah kedua tempat itu punya rasa berbeda? Menurut muridku, kuah Baso Aci Acay Cempaka lebih enak dibandingkan dengan yang di Pasundan. Kalau menurutku sih dua-duanya sama aja. Sama-sama micin 😅 

Paket Baso Aci Acay yang tersedia di Gofood:
  1. Ngacay Asoy Rp. 15.100,- mix baso acay, cuanki tahu, cuanki lidah, sukro, ceker.
  2. Ngacay Aja Rp. 14.000,- mix baso acay, cuanki tahu, cuanki lidah, sukro.
  3. Ngacay Banget Rp. 19.000,- mix baso acay, cuanki tahu, cuanki lidah, sukro, ceker (porsi banyak)
  4. Baso Ngacay Rp. 13.000,- mix baso acay dan sukro
Sekali lagi, itu harga Gofood yang lebih mahal sekitar 3ribu dengan harga aslinya ya. Paket favoritku, Baso Ngacay, aslinya cuma Rp. 10.000,- Aku pilih paket ini karena kurang suka ceker dan cuanki mereka yang keras. Isinya ada dua baso nyakrek (seperti baso urat tapi lebih crunchy), baso aci keju (bentuk lonjong), gajih, dan daging masing-masing 2.

Yang aku tunjukan difoto ini adalah paket Ngacay Aja, favorit muridku. Baso acinya lupa lagi, entah lima atau enam. Gak sempat menghitung karena langsung dieksekusi 😆


baso aci acay garut

Kemasan mereka kreatif ya. Bentuknya seperti rice box berbahan tebal. Jadi bisa langsung dimakan di kemasannya lengkap dengan sukro, bumbu saos, kecap manis, cabe kering dan jeruk nipis, Pelengkap yang selalu ada di setiap paket menu. Sayangnya, si jeruk nipis gak dibelah. Susah diperas kalau kita gak punya pisau di tempat.

baso aci acay garut

Yang paling aku suka adalah cabe keringnya. Biasanya aku tuangkan satu bungku cabe kering itu ke dalam kuah. Mantap. Emang pedes banget sih. Tapi ya cocok aja sama rasa gurih dan segarnya jeruk nipis. Yuk eksekusi.

baso aci acay garut

Aku emang gak suka rasa kuahnya yang micin abis, tapi suka dengan kekentalan kuahnya, banyak minyak gitu. Minyak bawang kali ya, jadi rasa gurihnya strong. 

Dari semua baso acinya, baso aci keju adalah favoritku. Baso aci gajih bau khas lemak cuy errghhh. Baso aci daging malah gak terasa apa-apa. Baso nyakreknya lumayan enak juga. Aku suka bingits. Enaknya lagi, ukuran baso kecil-kecil. Mudah dieksekusi dengan cepat. 

Kalau cuanki, emang basicnya aku kurang suka ya. Keras gitu. Susah dimakan cepat. Harus didiemin dulu sampai layu dan lumayan lama prosesnya. Sedangkan aku tipe orang yang makan cepat. 

Selesai makan ini, pikiran plong tapi perut sakit hahaha 😝 kalau tidak mau perut sakit, tinggal atur cabenya aja ya.

Oia, walaupun belum pernah makan di tempat, tempat jualan baso aci acay ini kayaknya nyaman deh. Aku sering lihat yang cabang Pasundan. Tempatnya didesain ala kafe gitu. Sering juga anak-anak alay nangkring di sana. 

Kekurangannya, gak ada lahan parkir mobil. Hanya bisa parkir mobil di pinggir jalan Pasundan yang sempit.

Mari kita highlight poin-poin penting:
  • kuah micin banget
  • gurihnya strooooong
  • jeruk nipis tidak praktis, no pisau auto repot
  • cabe keringnya enak, tipe pedas yang pas dengan gurih
  • pengemasan kreatif
  • baso keju enaaaaaak
  • menu di Gofood masih sedikit
Sebenarnya sih, dari segi rasa, gak ada yang special dari baso aci acay. Baso acinya gak ada yang aneh. Mungkin cara pengemasan dan tema (nama, tempat makan, penamaan menu dll) yang kekinian membuat orang-orang penasaran untuk mencoba. Daaan, ternyata micinnya enak. Cabenyaaaa apalagi . . . 😍

Selamat mencoba. . .


Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature