Personal and Lifestyle Blog by Rahma

TIPS MENGHILANGKAN JERAWAT

Tuesday, November 19, 2019
Jerawat terkadang membuat sebal saat bertengger di wajah seseorang. Selain membuat penampilan kurang oke, jerawat batu akan meradang saat disentuh tangan atau saat tersenggol. Tak hanya di wajah, bagi sebagian orang jerawat juga akan muncul di bagian tubuh yang lain, seperti punggung. Sebenarnya, banyak faktor yang menyebabkan jerawat bisa muncul. Penyebabnya bisa berupa faktor internal, maupun faktor eksternal. 


Faktor internal penyebab jerawat antara lain, hormon, tipe kulit dalam menghasilkan minyak. Sedangkan faktor eksternal penyebab jerawat salah satunya adalah makanan dan kepedulian si pemilik kulit. Kepedulian yang dimaksud adalah keinginan dan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan kulit. Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami? Berikut sedikit tips untuk Anda. 

1) Membersihkan Wajah 

Hal terpenting untuk menghilangkan jerawat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Terlihat sederhana, tetapi langkah inilah yang menyebabkan jerawat rajin menyambangi wajah Anda jika tak dilakukan. Tak cukup menggunakan air, membersihkan wajah minimal menggunakan sabun. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus, Anda bisa menggunakan susu pembersih atau make up remover untuk menghilangkan debu sebelum mencuci muka dengan sabun. Cara ini juga ampuh untuk para ladies yang menggunakan make up setiap hari. Jika Anda terlalu malas menggunakan susu pembersih atau make up remover beserta sabun wajah, Anda hanya perlu melakukannya sehari sekali sebelum tidur. 

2) Memakai Toner 

Langkah ini penting untuk menghidrasi wajah setelah mencuci muka dengan sabun. Selain itu, pemaikan toner dapat mempersiapkan wajah kita sebelum memulai tahap perawatan wajah selanjutnya. Pemilihan toner bisa disesuaikan dengan tipe kulit maupun kebutuhan wajah kita. Jika Anda memilih membersihkan wajah dengan susu pembersih, seringkali tersedia sepaket dengan toner. Sehingga Anda bisa menggunakan toner tersebut setelah mencuci muka dengan sabun. 

3) Memakai Pelembab Wajah 

Setelah membersihkan wajah dengan sabun, minyak alami yang dihasilkan oleh kulit wajah akan terbawa bersama kotoran. Oleh karena itu, dibutuhkan pelembap wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit. Terdapat banyak sekali jenis pelembap wajah, mulai dari pelembab alami, berupa minyak zaitun, maupun pelembab yang diproduksi oleh pabrik yang telah tersedia di pasaran. Pelembab wajah yang baik adalah pelembab yang tak akan memberi reaksi apapun sejak pertama kali digunakan. Jika wajah Anda berjerawat atau menunjukkan reaksi seperti kemerahan, maka terdapat kandungan dalam pelembap tersebut yang tak cocok dengan tipe kulit Anda. 

4) Memakai Tabir Surya/Sunscreen 

Pemakaian tabir surya termasuk salah satu hal yang penting, terutama bagi Anda yang diharuskan bekerja di luar ruangan. Namun, Anda yang bekerja di dalam ruangan pun tak menutup kemungkinan terpapar sinar matahari, walaupun tidak seintens pekerja lapangan. Paparan sinar matahari dapat memperparah peradangan jerawat pada sebagian orang. Bagi sebagian yang lain, penggunaan tabir surya dapat menimbulkan jerawat yang baru. Mengapa? Karena untuk pemilik wajah berminyak, semakin tinggi kadar SPF dalam tabir surya membuat minyak mengumpul dan menyebabkan masalah baru pada wajah. 

Langkah dasar inilah yang dapat Anda pergunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Namun perlu diketahui, tak semua saran dari teman maupun artikel dapat Anda aplikasikan pada diri Anda. Karena setiap orang itu unik, maka Anda perlu mencari dan mencoba untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Sabar adalah kunci untuk merawat dan menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Jadi, selamat mencoba dan semangat. 

KEBIASAAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI PEMILIK WAJAH BERJERAWAT 

Siapa yang suka apabila jerawat sering berkunjung ke wajah? Pasti tak ada. Namun, jerawat seringkali menjadi permasalahan pelik, terlebih jika satu jerawat muncul disaat jerawat yang lain belum pergi. Menyebalkan pasti. Akan tetapi, pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa cara Anda kurang tepat saat memperlakukan jerawat yang ada? Mari kita ulas beberapa larangan yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa sadar yang memperparah kondisi jerawat. 

A. Jarang Mengganti Handuk Wajah 

Kebiasaan menggunakan handuk yang sama selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan seringkali dilakukan. Hanya karena kotoran di handuk tidak terlihat dan bahkan air bisa kering setelah dijemur. Tetapi pernahkah Anda mencoba untuk melihat berapa banyak bakteri yang tinggal di handuk tersebut? Bakteri inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah. Bersama dengan sisa kotoran diwajah, bakteri akan masuk ke pori-pori kulit dan akan berkembang biak dan bisa menimbulkan jerawat. Sebaiknya, pemakaian handuk untuk muka diganti secara rutin setiap 3 hari sekali atau maksimal seminggu sekali. 

B. Tak Berhenti Memainkan Tangan di Wajah 

Jerawat yang muncul membuat gemas si pemilik, sehingga tanpa sadar sering menyentuhnya. Padahal, menyentuh jerawat, bahkan saat kondisi tangan sedang kotor, hanya akan memperparah kondisi jerawat. Penyebabnya adalah kuman dan bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke wajah dan jerawat. Sehingga jerawat akan meradang dan menambah rasa sakit. 

C. Memencet Jerawat 

Ketidaksukaan pada jerawat yang muncul menimbulkan keinginan untuk menghilangkannya secara cepat dan instan. Sebagian orang berfikir kalau memencet jerawat adalah cara yang tepat. Sebenarnya, memencet jerawat hanya akan menimbulkan masalah lain, yaitu munculnya bopeng pada wajah. Bopeng yang dalam akibat jerawat yang besar hanya akan memberi bekas yang nyata pada wajah. Walau bopeng ini dapat dihilangkan dengan alat, namun membuat biaya perawatan yang harus dikeluarkan menjadi membengkak. Bukan semakin hemat, malah semakin besar pengeluarannya. 

D. Tidak Membersihkan Wajah Dengan Benar 

Aktivitas seharian di dalam maupun di luar ruangan cukup membuat wajah berkeringat dan berminyak. Nah, jika Anda terlalu malas untuk membersihkannya, jerawat pun akan aktif bersarang ke wajah Anda. Tak mau hal itu terjadi? Segera perbaiki kebiasaan Anda tidak mencuci muka setelah beraktivitas diluar ruangan. Eits, terlalu sering mencuci muka dengan sabun, atau bahkan melakukan scrub pada muka, juga tak baik bagi kesehatan wajah lho. Pasalnya, hal tersebut membuat kulit menjadi iritasi dan sensitif. Selain itu, bahan kimia dalam sabun dapat membunuh bakteri baik yang harus tetap ada pada wajah. Oleh sebab itu, cukup mencuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari. 

E. Keinginan Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Instan 

Tidak ada yang instan di dunia ini. Slogan ini juga berlaku untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Bahan kimia yang bersifat keras, seperti asam salisilat dalam aspirin, krim yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur, bisa Anda gunakan untuk mengurangi peradangan jerawat. Namun, obat-obat tersebut tidak pas jika Anda pakai dalam keseharian. Efek lainnya, wajah Anda akan terpapar langsung oleh bahan kimia keras tersebut sehingga membuat wajah memerah. 

Perubahan kecil dimulai dari diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dimulai dengan mengubah kebiasaan buruk, ditambah merawat wajah dengan baik dan benar, akan membuat jerawat pergi dan enggan kembali lagi. 

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature