Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Pernyataan Perwakilan Sunda Empire di ILC yang Bikin Olohok

Sunday, January 26, 2020
Sebagai salah satu warga Sunda aku teh ngerasa olohok (melongo keheranan) dengan kemunculan Sunda Empire. Apalagi pas perwakilannya, Pak Rangga Sasana, muncul di medsos dan sering bilang "....belajar lagi sejarah." Aku langsung tepok jidat. Heran sekaligus malu. Aneh dong sama pernyataan Bapak ini. Kan di buku-buku sejarah enggak ada ngebahas tentang Sunda Empire trus aku belajar lagi nya gimana? Masa lewat mbah google? Nanti malah kayak King Totok Santoso dong. Nah, rasa malunya. Aku malu karena jujur aja aku malas banget baca sejarah secara detail hehehe 😅


Lanjut, aku nonton acara ILC episode "Siapa di balik raja-raja baru?" di YouTube. Lumayan, topik ini bikin orang-orang ketawa di ILC. Biasanya kan wajahnya berat-berat bahas politik, sara, krisis etc. Kalau Pak Sujiwo Tedjo gak mau ketawa katanya lihat yang begituan, aku mah malah susah nahan ketawa. Memang setuju sih, hal begini bukan untuk diketawain atau dibully, tapi untuk dipikirkan apa? siapa? dan mengapa? 

Selama menonton aku berusaha menahan tawa dan mencerna apa yang disampaikan Sekretaris Jendral Sunda Empire itu TAPI tetep aja FAILED 😂 Geleng geleng kepala, "ini orang dibayar berapa sih buat bikin orang lain puyeng?"

"...PBB lahir di Bandung"

Ya Allah, gusti. Ini dapat sumber dari mana bapak Rangga ini. yah. Kalau lahirnya di Bandung mah dari dulu juga udah pasti ada "prasasti/piagam/sertifikat PBB" di Bandung. Kenapa juga mesti Bandung, cik? 

Anyway, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau United Nations dibentuk di California, Amerika Serikat, 24 Oktober 1945 dan sekarang memiliki kantor utama di New York, Amerika Serikat. Memang kurun waktu tahun 45 sampai 50an itu masa-masa banyak negara yang merdeka deh kalau gak salah. Itu tidak lain akibat dari berakhirnya perang dunia ke-2. Termasuk Indonesia yang merdeka di tahun 1945. 

"...Pentagon lahir di Bandung. Perlu tahu sejarah Indonesia nanti."

Lahirnya di Bandung. Berdirinya di Amerika Serikat. Sambung-sambungin aja lah 😆 pusing.

Pentagon adalah kantor pusat Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang berada di Arlington, Virginia dekat dengan Washington D.C. Bentuknya seperti segilima, makanya dinamai Pentagon. Dengan luas sekitar 620ribu m2, pembangunan dilakukan dari tahun 1941 - 1943. 

"ISOLA itulah International Soldier Leader. Itu lahirnya NATO di sana."

😂😂😂 No comment ah
Berdasarkan Museum Pendidikan Nasional UPI kata ISOLA diambil dari kata "isolated", terisolasi. Pendirinya, D. Willem Berrety (orang Itali), ingin mengisolasi diri. Kayak orang pensiunan yang ingin hidup tenang sepi, sendiri gitu lah. Maka di bikin Villa Isola ini. Di atas pintu masuknya ada tulisan bahasa Itali "M'ISOLO E VIVO" yang artinya "saya mengasingkan diri dan bertahan hidup".

"PBB itu di bawah de Hereen Zeventien"

Baru dengar de Hereen Zeventien? Artinya Gentlemen 17. Sebutan bagi dewan direksi VOC. VOC kan urusanya perdagangan ya gak sih? Nyambung ke perdamaian dunia gitu 🙄

"Ini semua temen-temen saya lah. nih. Kecuali pak polisi lah. Baru ketemu..."

😅😅😅 Nunjuk-nunjuk para narasumber sebagai teman, tapi merekanya ketawa-ketawa kayak yang gak mau diakui teman. Yang selamat pak polisi lah... gak diakui teman hahaha

"Tidak ada pemerintah yang boleh membangun pasukan atau (ke)polisi(an) tanpa seizin dari Kekaisaran Sunda Empire..."

Indonesia udah punya izin gak ya? Jangan-jangan kita negara ilegal? 

"NATO itu ABCD. Perlu paham itu. ..... Apa itu ABCD:

A, American...

B, British...

C, Canada... 

D, itu Bandung... sebagai... diplomatic internasional"

Ini nama sistem teraneh yang dipaksakan bangets 😂😂😂 A, B, C nya udah pakai awalan nama negara. Eh yang D nya kok jadi awalan plat kendaraan. Apa mungkin juga ini asal usulnya plat kendaraan Bandung berhuruf D? biar bisa jadi sistem ABCD.

"Kalau sejarawan Sunda tidak tahu Sunda Empire. Itu harus belajar lagi."

Akademisi disuruh belajar lagi, lur. Nanti Bapak ini jadi gurunya.

"Bill Gates mengundurkan diri... Jack Ma (mengundurkan diri) karena Sunda Empire lagi sedang membangun sistem"

Bill Gates itu pendiri Perusahaan Microsoft. Sedangkan Jack Ma pendiri Ali Baba. Hmmmm, apakah setelah pensiun mereka akan bergabung dengan Sunda Empire? Tolong hentikan halusinasi ini.

"Saya Letnan Jendral NATO resmi."

Ada jendral NATO cuy. Udah ah, tambah ngawur nanti.

Ya, itu lah beberapa baris pernyataan-pernyataan Pak Rangga Sasana yang bikin aku melongo. Buatku, orang seperti bapak ini memiliki sifat narsistik, kepercayadirian yang tinggi dan sifat seperti halusinasi. Sejenis masalah kejiwaan berupa gangguan persepsi gitu. Trus apa-apa yang sekiranya mirip dan berirama itu semua disambung-sambungin. Tanpa melihat relevansinya atau bahkan faktanya.

Aku juga nonton sepenggal wawancara dia di iNews kalau tidak salah. Bapak ini tidak menjawab pertanyaan presenternya. Ditanya KTP dan personal background malah muter-muter di masalah perang dunia ke dua, Hiroshima Nagasaki, sertifikat bumi. Itu aja diulang-ulang.

Do you believe him? 
Me? no thanks. He's so random. I was looking for his biography or something about his background and found this one:

sunda empire kocak
Betapa people are so gabut to make this one on Wikipedia. But it's been removed. It's useless anyway. Next, I'm looking forward to August 2020 karena Pak Rangga bilang di bulan itu negara-negara di dunia harus daftar ulang. Kayak mau masuk kuliah aja ya 😅 hahaha just see. Is what he said true or halu?



Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature