Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Membeli Artikel dari Indonesian Writer (dot) com

Thursday, February 6, 2020
Akhir tahun kemarin, lagi malas banget untuk menulis konten di dua blogku. Alhasil, dua blog itu agak terbengkalai. Tercetus lah ide untuk membeli artikel. Setidaknya untuk cadangan kalau nanti malas menulis, tinggal beli dan posting aja. Masalahnya, di forum-forum blog yang pernah aku kunjungi, ada aja orang yang kena tipu jasa pembuatan artikel. Belum lagi, ini pengalaman pertama. Aku gak tahu harus nanya ke siapa selain google.

Coba-coba memasukan keyword "jasa pembuatan artikel blog" di google dan dari semua link di halaman pertama, aku tertarik dengan website indonesianwriter(dot)com. Apalagi pas aku lihat ada tulisan "10.000/artikel dengan minimal order 10 artikel." langsung bersemangat untuk menghubungi CSnya.

Dalam hati sih memang ragu. kok murah amat ya. eh untung CS mengkonfirmasi pengetahuan aku tentang price list mereka lewat whatsApp. Ternyata, itu harga untuk jasa posting. Maksudnya nanti mereka cuma ngeposting artikel di web/blog/medsos kita gitu lah. Jadi semacam admin gitu.

Untuk order penulisan artikel blog SEO berbahasa Indonesia indonesianwriter(dot)com menawarkan biaya sebagai berikut:

jasa penulisan artikel blog seo

Mereka punya ketentuan order minimal 5 artikel. Aduh kok kalau dihitung-hitung jadi mahal ya 😅 padahal tadinya aku ingin dapat artikel 500 kata dengan harga 10.000 😂 mimpi ya. Aku sendiri paham, menulis itu gak gampang. Jadi dikasih harga segitu aku gak nego-negoan. Lagian bisa gitu nego?

Jadinya pesan yang sesuai budget aja sih dan karena ini juga order pertama, takutnya tipu-tipu gitu, aku order minimal aja. Beli 5 artikel dengan panjang 350-400 kata dengan total biaya 150.000. Data yang perlu mereka ketahui selain panjang artikel adalah tema dan keyword. 

Setelah order jelas, mereka mengarahkan untuk melakukan transfer uang. Saat mereka mendapatkan struk bukti transfer, mereka memberikan notifikasi beserta tanggal deadline penerimaan artikel. Aku ngasih waktu 14 hari, eh ternyata kelamaan ya 😅 sesuai prosedur mereka, untuk 5 artikel bisa dikerjakan dalam 3 hari saja. Malah, orderanku beres 1 hari sebelum deadline.

Artikelnya menurutku bagus. Semua artikel memiliki panjang lebih dari 400 kata. Ada yang 490 kata malah. Mungkin disesuaikan dengan kenyamanan proses membaca. Teks yang baik kan harus memiliki informasi yang tuntas dan jelas.

Buat keramahan mesin pencarian sebenarnya 300-400 kata itu masih belum cukup. Akhirnya aku siasati dengan menambahkan beberapa informasi. Boleh lihat contoh artikelnya di link di bawah ini. Aku cuma menambahkan sesi "kekurangan" dan "kelebihan" di artikelnya:


"Udah capek-capek bayar kok masih tetap harus diedit?" Namanya juga manusia, selalu ada kekurangannya. Lagi pula, aku bayar dengan harga 30.000/artikel. Cukup murah sih menurutku. Ditambah lagi, dengan adanya artikel yang sudah jadi aku gak perlu mikirin "mau nulis apa?". Mager jadi berkurang 😁

Blog ini juga blog pribadi yang random abis. Suka-suka aku mau nulis apa dan panjangnya segimana. Gak terlalu masalah untuk artikel pendek-pendek.

Overall, aku puas dengan hasil pekerjaan indonesianwriter(dot)com dan terbukti mereka gak tipu-tipu.
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature