Personal and Lifestyle Blog by Rahma

Blogger Tampilan Baru

Thursday, May 14, 2020
Perubahan Blogger

Hi, kawan-kawan blogger. Seneng dong tampilan baru dari Blogger udah mirip-mirip wordpress ya? wkwkwkwk, haters pasti bilang "enggak ada mirip-miripnya" wkwkwk. Setidaknya sebagai user jadul Blogger, aku sangat senang dengan pembaruan penampilan ini. Walaupun agaknya jauh dari kata nyaman. Eh loh kenapa? Ya ntar aku cerita ya. Sebagai pembuka aku mau share beberapa garis besar perubahan Blogger di tampilan baru 2020 ini.



1. Penambahan thumbnail gambar

tampilan baru blogger

Biasanya kita hanya disuguhi dengan daftar judul postingan dan teks teks and more teks, dengan letak informasi yang kaku which is also just texts. Nah, sekarang tampilannya lebih modern. Gak hanya sekedar teks mereka juga menambahkan gambar. Yes, interesting. Tulisan label juga ada bordernya. Lumayan lah ya, ada seninya. Nah, penambahan thumbnail gambar juga berlaku untuk tampilan stats, pages, dan comments. 

2. Tampilan post editor lebih lega, ikon "hilang"

tampilan baru blogger

Kenapa ya Blogger, merubah tampilan post editor jadi lebih lebar kayak gini. Padahal yang kemarin lebih nyaman buatku. Apalagi susunan ikon pengaturannya…. aduh, aku jadi bingung. Pas mau ngerapiin paragraf, aku cari alignment rata kiri kanan kok gak ada di bar. Eh ternyata disembunyiin dong di "more option", ikon titik tiga paling ujung. Lah padahal itu penting banget.

Yang nambah adalah ikon table. Perasaan dulu gak ada deh opsi untuk masukin table, sekarang mah ada. Kita coba ya.

 Nama
Tahun lahir 
 Status
Pekerjaan 
 Rahma
'92 
Single 
 Curhat 

Oia, hampir lupa. Editor HTML kemana ya? Nah, HTML view pindah ke jajaran atas kanan, sejajar dengan ikon "save", "preview" yang bentuk mata dajjal, sama ikon "publish post".

[update 15/05/2020] baru sadar, emoticon menghilang gaes :( padahal lucu. Aku udah cari di bar dan di "more option" tetap belum menemukan. 

3. Copy - paste dari word ke Blogger gak banyak masalah

Inilah yang aku tunggu-tunggu. Aku tuh paling sebel ketika copy-paste tulisan dari dokumen word ke Blogger. Udah pasti acak-acakan dan mesti edit ulang. Udah aku clear format juga, kadang ada teks yang beda sendiri. Gak paham banget deh maunya apa. Beda banget sama Wordpress yang gak bikin acak-acakan. Langsung tinggal publish.

Barusan aku coba, ternyata Blogger memperbaiki sektor itu. Gak perlu capek-capek editing lagi saat copy-paste tulisan word ke Blogger karena tulisannya udah rapih. Bentuk dan ukuran font langsung menyesuaikan dengan settingan default tema blog. Alignment juga sudah otomatis menyesuaikan. Alhamdulillah banget ini. Udah mirip-mirip Wordpress wkwkwk.

4. Preview tidak buka jendela baru

tampilan baru blogger

Dulu kalau mau preview post, pasti otomatis membuka jendela baru. Nah, sekarang udah enggak. Preview akan langsung tampil di jendela post editor. Untuk balik ke jendela editor lagi, tekan kembali ikon "preview" si mata dajjal. Ini menguntungkan gak sih buat kalian? Dengan preview di jendela baru, seenggaknya kita bisa nge-preview sambil editting. Sedangkan dengan preview di jendela yang sama, kita mesti bolak-balik dari post editor ke preview.

Ada pengalaman yang menjengkelkan dengan perubahan baru Blogger ini. Kemarin saat lagi semangat banget untuk menulis, eh aku gak bisa masukin gambar ke Blogger. Cuma ada jendela abu-abu dengan tulisan "docs.google.com refused to connect". Gila aku ditolak. 

tampilan baru blogger

Aku udah menghapus cache beberapa kali. Masih aja sama. Trus kata temen, coba untuk menyamakan akun google dengan akun Chrome (aku pakai Chrome waktu itu). Masih aja gak bisa. Dan gak cuma gambar, insert video pun gak bisa, dari source mana pun. Udah pusing dengan segala cara, aku nyerah dan terlintas untuk hijrah lagi ke Wordpress.

Trus, sorenya aku iseng buka editor Blogger lewat hp. Aku klik tombol insert picture. Eh jendelanya normal dong. Aku bisa masukin gambar via hp. Wah, aku pikir ada yang salah sama Chrome di laptopku. Paginya, aku coba ngeblog di Microsoft Edge dan gak ada masalah sama sekali di browser ini. Ckckckck Masih bingung nih apa yang salah sama Chrome di laptop.

Kalau kalian memiliki masalah yang sama, gak bisa upload gambar ke Blogger dengan tulisan docs.google.com refused to connect, coba aja ganti pakai Microsoft Edge atau browser lain. 

[update 28/05/2020]
Aku putuskan untuk balik lagi ke tampilan klasik. Lebih nyaman aja. Ada pemberitahuan juga sih dari Blogger kalau tampilan baru kemarin akan menjadi default per Juni nanti. Agak pesimis sih melihat masalah-masalah yang dialami kemarin. Semoga masalah dan efisiensi tampilannya bisa sekalian diperbaiki bisa Blogger makin kece dan modern.

Semangat blogging dan selamat menikmati tampilan baru dari Blogger.
2 comments on "Blogger Tampilan Baru"
  1. Hahahah iya aku juga kaget pas kemarin buka blogger. Dari kemarin kan emang udah bebenah sedikit-sedikit, trus sekarang editornya berubah drastis. Kirain Blogger ga akan diotak atik lagi lol.

    Sebenernya enak-enak aja pake tampilan baru ini, lebih mobile friendly. But somehow aku kangen juga sama tampilan lama. Terus, masih agak bingung sama pengaplikasian labelnya, suka lupa, bolak-balik klik eh labelnya nggak kepasang, atau malah ke'cabut' yang diperlukan.

    Mudah2an sih nanti labeling dan tagging lebih gampang kayak lapak sebelah hehe.

    Btw baru ngeh tetehnya dari Garut. Kampung halaman akuu :D Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang butuh waktu untuk belajar dengan perubahan.. Salam kenal... :)

      Delete

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature