Personal and Lifestyle Blog by Rahma

SoML (1): Menyusuri Nama "Rahma"

Monday, June 1, 2020
arti nama rahma

Hi, ini bukan postingan penting. Aku hanya perlu melampiaskan sesuatu dan mereka bilang melakukan kegiatan positif adalah pilihan terbaik. and here I am, writing. Tentu saja ingin bercerita tentang semua jurang lautan yang ku temui, tapi aku belum mampu menyajikannya dengan rapih dan indah. Jadi, aku pikir akan sangat baik untuk memulai menulis dari hal-hal kecil, seperti memperkenalkan nama diri sendiri. Hi, I'm Rahma.

Nama lengkapku Rahmalia Anandayu. Nama depan dan belakang punya jumlah suku kata yang sama. Rah-ma-li-a, 4 suku kata. A-nan-da-yu, 4 suku kata. Bapak tercinta yang memberikannya. 

Anandayu, bapak menemukannya di koran hahaha. . . Dulu, pengumuman kelulusan tes masuk perguruan tinggi negeri selalu dimuat di koran. Ia lalu mendapati nama itu dan memberikannya untuku. Kelak, suatu saat anaknya pintar dan berkuliah di PTN juga. Yes, I did it, Dad, but it ended with disappointment. Sorry. . . Makna dari Anandayu sendiri aku tidak tahu. Bapak juga tidak begitu paham. 

Berbeda dengan nama belakang tadi, nama depanku, Rahmalia, tidak begitu asing di telinga. Diambil dari nama nenekku (dari Bapak), Siti Rahmah. Kata dasar Rahma yang diakhiri -lia, nama khas anak perempuan.

Rahma berasal dari bahasa Arab, Rahmah. Artinya, belas kasihan, mercy, grace, and compassion. Nama ini terdengar indah. Terlalu indah buatku. Even, every time I say my own name I have goosebumps. Ntah itu mungkin karena malu, karakterku tidak sesuai nama atau karena merasa hidupku terlalu bergantung pada belas kasihNya.

Aku menemukan sebuah definisi bebas tentang rahma di kamus online:
Rahma adalah gadis yang bersahaja. Dia selalu berjuang untuk yang terbaik, memiliki hati emas dan senyum yang sangat indah. Kepribadiannya hampir semenarik penampilannya dan dia bisa mendapatkan hatimu bahkan sejak pada pandangan pertama. Dia dicintai oleh orang-orang yang dia temui dan biasanya bergaul dengan teman-temannya. Dia bergaul baik dengan para lelaki dan orang lain cemburu karenanya. Tapi, jangan mengusiknya karena dia bisa membuat semua menjadi buruk.
Apakah aku sudah begitu? Bersahaja, berhati emas, senyum indah, dicintai, bergaul dengan teman? Hanya orang lain yang bisa menilai, tapi aku tahu pasti. Aku tidak punya senyum indah dan agak sulit bergaul dengan teman. Ada satu masa dimana aku sulit memahami pertemanan sehingga aku dibenci. I'm just human being... sama seperti kebanyakan. Flaw.

Mari mencari Rahma di Qur'an...
Aku pikir, namaku harus selalu terucap oleh semua muslim di dunia, setidaknya 17 kali sehari. 

Bismillaahirahmaanirohiim. Penggalan ayat Al-Fatihah. Surat wajib pada setiap rakaat solat. Bacaan untuk setiap awal kegiatan. Bacaan ketika hatimu getir dan penuh keraguan saat hendak berkegiatan. Bacaan yang esensial dalam memulai nafas kehidupan. Sepenting itu kah diriku? Si belas kasih hmmm...

Tuhan, maafkan aku yang tak bermakna. Mungkin jika aku buka lebih dalam, nama ini memiliki makna yang teramat indah nan luas. Ada yang bilang, kata rahmah tertulis sekitar 114 kali dalam Qur'an dan menjadi nilai fundamental kedua setelah keesaanNya. Hmmm, hidupku ini mengotori namaNya saja.

Rahmah itu seperti cintanya seorang ibu. Kau pernah merasakan cintanya ibu? Dia melahirkan, menyuapi, merawat, menjagamu dari kotor, memberikan yang terbaik, tanpa mengeluh. Betapa pun orang menghinamu, tanyalah ibumu. Siapa yang terbaik di dunia ini? Dia akan menjawab "anakku".

Ibu tidak bisa mengkhianati darahnya. Itu sangat terasa alami. Sebuah naluri untuk mengasihi manusia. Oh, my... the One and Only... akankah aku menjadi seorang ibu yang penuh kasih?

Rahmah adalah tempat awal kehidupan berkembang. Kata rahmah masih berkaitan dengan rahm. Rahim? yes, tempat pertama di dunia yang manusia singgahi. Rasakanlah, bahwa rahmah itu adalah cinta yang menguatkan keluarga dan sesama. Lihatlah, anak-anak manusia berkembang dengan cinta kasih. Penuh kelembutan dan kenyamanan didalamnya, sehingga memberikan ketenangan jiwa untukmu.
sakinah ma waddah wa rahmah
Wadd juga cinta, tapi rahmah lah cinta yang membuatmu tenang. Kasih sayang yang murni, mengalir secara alami yang tidak terbatas kepada istri atau suami. rahmah lah yang akan diminta kepada yang Maha Kuasa.
Dia yang tidak menunjukan rahmah, tidak akan ditunjukan rahmah di akhirat. 
That's what our Prophet told us. 

Rahmah bukan cinta untuk drama romantisme. hmmm bukan. hahaha lucu. Aku kira dia menunjukan rahmah, ternyata bukan. Sudah terbukti bukan.

Aku selalu tertipu dengan rahmah, sedangkan namaku adalah Rahma. 
Kali ini dan seterusnya, tidak.

Hanya ada dua tempat dimana kamu bisa menemukan rahmah yang sesungguhnya.
Ibumu dan Tuhanmu.

ibu rahma


Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature