Wadah Curahan Hati

Daftar Tempat Les Bahasa Inggris di Garut

Saturday, June 6, 2020
daftar tempat les bahasa inggris di garut

Semakin gencarnya persaingan industri antar negara maka sudah pasti kegiatan berkomunikasi juga semakin meningkat. Imbasnya, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional saat ini bukan saja digemari tapi juga dibutuhkan untuk menunjang bisinis dan pekerjaan. Jangan utamakan rasa malu ya!

"sudah tua masih belajar? sekian tahun belajar di sekolah masih belajar lagi? gak lancar-lancar?" Buang pertanyaan itu. Usia tidak boleh membatasi semangat belajar dan kelancaran berbahasa asing bukan perkara lama waktu belajar, tapi intensitas penggunaan bahasanya. Sedangkan, di Indonesia pada umumnya bahasa Inggris tidak dituturkan selain di kelas sehingga intensitas penggunaan sangat rendah.

Hilangkan penghakiman "kalau bicaranya gak lancar, bahasa inggrisnya jelek". Ada beberapa orang yang fokus pada receptive skill seperti (membaca dan mendengar) dibandingkan productive skill (berbicara dan menulis). Ada juga orang yang lebih senang pada media tulisan dibandingkan media lisan. Jangan menghakimi seseorang pintar berbahasa inggris dari satu skill saja.

Kalian juga harus fokus pada tujuan, "belajar bahasa inggris untuk apa? presentasi? tes? penunjang sekolah? menulis makalah?" Mengapa belajar bahasa inggris di sekolah pada umumnya terasa hambar? Gak bisa presentasi, tes inggris jelek, menulis kalimat masih banyak yang salah.

Itu karena intensitas pembelajaran di kelas sangat minim dan masih umum. Lebih banyak pembiasaan dan perkenalan dibandingkan mengasah kemampuan. Jika ingin meningkatkan intensitas pembelajaran, ambil lah les bahasa Inggris di luar sekolah.

Di sini, aku akan menuliskan beberapa tempat les bahasa Inggris yang terkenal di Garut. Mohon maaf hanya berupa deskripsi singkat. Teman-teman bisa cari informasi lebih lanjut lewat nomor kontak masing-masing ya:

1. Primary English

Tempat les ini memiliki lokasi strategis di Jl. Cimanuk perempatan lampu merah Maktal, dekat dengan pusat kota. Paket pembelajaran bervariasi, mulai dari General English, Conversation hingga TOEFL dan pembiayaan sangat flexible. 

Kelas akan dipisah antara anak sekolah dan umum. Enaknya, bagi anak sekolah pembiayaan dirancang lebih ringan. Jika pada umumnya siswa harus membayar langsung per paket, maka anak sekolah bisa membayar per bulan. 

Ruang kelas sangat nyaman. Fasilitas lain seperti tempat parkir, proyektor, buku dll sudah sangat mendukung. Tempat ini pernah aku bahas di blog ini. Berikut kontak yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi pembelajaran di Primary English:

blog: http://www.primaryenglish.net
telp/WA: 0895-3372-27233
instagram: @primaryenglish_


2. Executive Language Program (ELP) Beverly Garut

Sebelumnya berada di Jl. Cimanuk, Beverly sekarang berlokasi di Jl. Ranggalawe. Benar benar dekat dengan pusat kota. Hanya terhalang satu blok dengan Toserba Yogya Garut. Aku sering bermain di sana karena sebagian pengajarnya teman-teman kuliah dulu. Lumayan banyak yang sudah S2. Melihat dari paket yang ditawarkan pembelajaran di Beverly akan sangat cocok untuk siswa umum daripada anak sekolahan.

Teman-teman yang membutuhkan sertifikat tes kemampuan berbahasa Inggris, mirip-mirp TOEFL tapi lebih hemat, bisa ambil di sini. Sertifikatnya sudah bisa dipakai untuk urusan bekerja di dalam negeri. Berikut kontak yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi pembelajaran di Beverly:

telp: 0812-2057-7692 (beverly official) atau 0899-7791-087 (A Restu)
instagram: @elp_beverly
facebook: Executive Language Program Beverly

3. PECS (Papandayan English Conversation School)

PECS sudah lumayan lama dikenal di Garut bahkan sejak zaman aku sekolahan dulu. Sayangnya, sedikit informasi di internet yang bisa diperoleh dan aku sendiri belum pernah masuk ke tempat ini. Lokasinya masih berdekatan dengan Primary English yaitu, di Jl. Cimanuk. Masih daerah perkotaan.

Dari judulnya, conversation school, kita tahu PECS ini lebih mengutamakan program belajar kemampuan berbicara.Walaupun demikian, mereka juga tetap menyediakan paket pembelajaran lain kok. Kalau tidak salah temanku pernah belajar TOEFL di sini, kesannya lumayan bagus.

telp: 0852-2350-9432 (dari google)

4. ICB (International Communication Bridge) Kids

ICB berlokasi di Jl. Merdeka, depan kantor pemadam kebakaran Garut, dekat pasar Ciawitali. Gedungnya berwarna putih tingkat dua. Les bahasa Inggrisnya sempat vakum dan lebih fokus ke pelatihan kerja buat di penerbangan, pelayaran, perhotelan yang berupa hasil kerja sama dengan lembaga lain. 

Nah, sekitar 2 tahunan ini ICB mulai membuka ICB Kids, program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak usia 7-12 tahun. Ruang belajarnya didesain khusus untuk anak-anak. Meja dan kursi mungil. Buku cerita yang sangat menarik. Ada sofa dan tenda bermain.

Model pembelajaran pun tidak kaku dan dibuat "sealami" mungkin. Kadang ada projek seperti memasak dan berbelanja. Super menyenangkan untuk anak-anak. Kenapa aku tahu banyak? aku pernah ke sana, yang punya ICB Kids juga masih teman baik aku hehehe... So, udah pasti ICB Kids cocoknya untuk anak-anak kecil. Berikut beberapa kontaknya:

instagram: @icbkids
telp/wa: 0823-8596-9883 (ICB official)

5. Travelia English & Mathematics Course

Travelia termasuk tempat les bahasa Inggris baru. Pendirinya salah satu dosen aku dulu. Tempat belajarnya ada dua tempat, yang pertama ada di Kadungora, samping SMPN 1 Kadungora dan yang kedua ada di perumahan Permata Hijau Land, Jl. Raya Samarang.

Memang kebanyakan yang belajar anak-anak sekolah. Apalagi ada les matematikanya. Sasaran utamanya sudah pasti anak sekolah. Lokasinya agak jauh dari pusat kota. Malah deket ke perbatasan Bandung. Mungkin teman-teman daerah Leles, Kadungora, Warung Peuteuy bisa mampir ke sana.

Selain les bahasa Inggris, dulu pernah lihat di facebooknya Travelia membuka juga pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Untuk informasi lebih lanjut bisa  hubungi kontak yang aku temukan di internet ini:

telp: 0852-2346-6393 (dari google)

Daftarnya segitu aja dulu. Kalau ada yang baru nanti aku update lagi. Yang aku tulis di sini memang "usaha" lokal Garut. Bukan berupa franchise semisal Kumon, Ganesa Operation, Primagama dll. Mereka kan sudah well-established. Informasi tentang mereka pasti masif banget di internet. Rasanya enggak perlu juga aku bahas di sini.

Kalau teman-teman butuh guru private bahasa Inggris di Garut langsung aja hubungi tempat-tempat les di atas. Siapa tahu mereka juga menyediakan jasa guru private yang ke rumah siswa. Bisa juga teman-teman hubungi Rahma hehehe sekitar Cilawu dan Kota Garut ya.

Semoga bermanfaat...
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature