Wadah Curahan Hati

Tips Mengerjakan Soal Tes Reading

Wednesday, October 21, 2020
Tips ReadingTOEFL

Bukan rahasia lagi kalau membaca itu adalah salah satu skill yang paling tidak disukai pelajar. Teksnya panjang. Pusing. Tahu arti dari kata-kata pada teks tetapi masih saja mendapatkan nilai yang sangat kecil. Belum lagi, pilihan jawabannya mirip-mirip semua.

Ada beberapa tips nih supaya kalian lebih rapih dan efisien dalam menjawab soal seputar main idea pada tes reading comprehension. Tips diambil dari buku Longman untuk persiapan TOEFL.

1. Baca soal dulu baru teks

Sangat tidak efisien jika kalian membaca teks terlebih dahulu. Selain menghabiskan waktu di awal, pekerjaan itu akan diulang kembali tatkala menjawab soal. Jadi, selalu baca soal dulu. Ingat keyword  (hal yang ditanyakan) pada soal.

2. Menjawab main idea/title/topic dari kalimat pertama

Soal main idea sangat umum dalam tes membaca. Biasanya dalam soal TOEFL, main idea selalu ditempatkan di awal. Jadi, kita hanya perlu membaca kalimat pertama saja.

Jika yang ditanyakan main idea keseluruhan atau title (judul), maka baca kalimat pertama di setiap paragraf. Kemudian cari pilihan jawaban yang bisa mengcover semua ide di tiap paragraf itu.

Jika yang ditanyakan main idea pada salah satu paragraf, maka baca kalimat pertama di paragraf yang ditanyakan saja.

3. Menjawab soal following dan preceding paragraph

following itu artinya mengikuti, maksudnya menanyakan cerita selanjutnya, sedangkan preceding menanyakan cerita sebelumnya.

Cara menjawab soal yang menanyakan following adalah dengan memperhatikan bahasan di kalimat terakhir pada teks. Misal, kalimat terakhir membicarakan "tsunami sangat berbahaya dan banyak peristiwa sejarah yang mencatat kerusakan hebat akibat tsunami". Maka, bahasan selanjutnya akan membicarakan kerusakan bencana tsunami di masa lalu. 

Cara menjawab soal yang menanyakan preceding adalah dengan memperhatikan bahasan di kalimat pertama pada teks. Misal, kalimat pertama pada tesk berbunyi "cerita rakyat lainnya yang terkenal di Indonesia masih memiliki tema kekeluargaan, yaitu Malin Kundang.". Maka, bahasan sebelumnya adalah cerita rakyat di Indonesia.

Tips nya cukup sekian dulu. Artikel akan terus diupdate untuk memberikan tips terbaru.

Jika permasalahan utama kalian adalah tidak mampu memahami kosakata atau vocabulary pada teks, kalian belum akan bisa memahami tips di atas. Aku sarankan kalian berlatih meningkatkan kosakata dulu sebelum mengaplikasikan tips di atas.

Membaca untuk tes dan membaca untuk berlatih itu sangat berbeda.

Cara membaca itu kan didasarkan pada tujuannya. Tips di atas akan menuntun kalian untuk membaca saat ujian dengan cepat dan efektif. Kalau ingin meningkatkan kosakata, tips membacanya beda lagi. Perlu memiliki kamus juga kan! Sedangkan pas ujian tidak boleh bawa alat bantu.

Mungkin nanti aku share juga ya tips meningkatkan vocabulary. Banyak caranya sih, tapi intinya kalian tidak boleh malas baca dan buka kamus. Suatu kata mungkin memiliki banyak arti. Nah, di sana lah kalian perlu memahami konteks untuk menemukan arti yang tepat.

Terus belajar dan berlatih ya... 
See you
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature