Wadah Curahan Hati

Manfaat Kursus Digital Marketing

Friday, November 6, 2020

Kursus digital marketing mulai diminati banyak orang, terutama mereka yang sedang memperluas usaha suatu bisnis. Hal ini diakibatkan oleh semakin banyaknya pengguna media sosial di berbagai belahan dunia. Pemasaran kini tidak hanya sebatas pada televisi dan radio. Peluang untuk mendapatkan konsumen pun lebih tinggi. 


Pada sebuah survey, the Accenture 2017 Digital Consumer Survey, terlihat adanya perubahan kebiasaan menonton sebuah acara. Pada 2016, 52% orang lebih senang menonton di televisi, tetapi pada 2017 hanya tersisa sekitar 23% saja.


Pada survei terlihat bahwa semakin banyak orang beralih dari tontonan televisi konvensial ke berbagai media lain terutama, media live streaming dan bahkan media sosial. Oleh karena itu, mengikuti kursus digital marketing menjadi sangat penting ketika ingin melakukan pemasaran pada era digital.


Keunggulan Digital vs Konvensional Marketing

Digital marketing memiliki sifat real time. Pemasang iklan bisa mengukur secara langsung berapa banyak penonton, berapa iklan ditampilkan bahkan mampu mengetahui kegiatan digital penonton sebelum, saat, dan sesudah melihat tayangan iklan tersebut.


Sifat real time memberikan data lebih masif, dinamis dan akurat dalam waktu yang cepat atau bahkan secara langsung dibandingkan konvensional marketing yang harus melakukan penelitian terpisah dari proses marketing. 


Selain real time, sifat digital yang saat ini berkaitan dengan internet mampu menjangkau penonton lebih luas. Asalkan para pengguna digital memasukan keyword yang sudah kita tentukan untuk bisnis kita, mereka akan mampu menemukan bisnis kita dimana pun mereka berada. 


Bandingkan dengan iklan konvensional di televisi atau radio. Siaran yang bisa mereka jangkau dibatasi dengan perizinan yang mereka miliki. Paling luas biasanya mencakup tingkat nasional. Bisa dikembangkan ke tingkat internasional namun tentu akan berdampak pada dana marketing.


Dinamis, data masif dan pendanaan yang relatif lebih murah dibandingkan konvensional marketing membuat digital marketing lebih banyak diminati.


Beberapa Manfaat Mengikuti Kursus Digital Marketing:


1. Mampu menyelaraskan tujuan dan media

Saat melakukan pemasaran, perusahaan harus mampu menentukan goal pemasaran. Apakah ingin mendapatkan customer baru atau mempererat hubungan dengan customer lama? Iklan atau engangement  seperti apa yang akan ditampilkan untuk mencapai goal tersebut.


2. Membaca data insight 

Kelebihan digital marketing terletak pada data masif yang diperoleh setelah pemasaran dilakukan. kita bisa mengetahui profil, ketertarikan dan behaviour klien ataupun calon klien. Maka, diperlukan pula skill untuk membaca dan mengolah data tersebut agar dapat membantu membuat keputusan atau kebijakan perusahaan ke depannya.


3. Pemasaran lebih tepat sasaran

Ramainya digital marketing saat ini tentu tidak terlepas dari efektifitas pelayanan tersebut. Iklan hanya muncul pada orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk kita. Nah, agar hal tersebut terpenuhi kita tentu harus mampu mengatur iklan sesuai dengan target pasar.


4. Tidak membuang uang

Penentuan berapa lama dan luas jangkauan iklan ditayangkan sangat penting. Kedua hal itu berhubungan dengan pendanaan. Jangan buang uang sia-sia untuk iklan yang tidak sesuai dengan target pasar.


5. Mengoptimalkan pemasaran

Memahami sikap orang-orang di dunia digital dan apa yang mereka cari di sana akan membantu pergerakan pemasaran. Hal itu juga berpengaruh pada keyword yang akan dipasangkan pada bisnis kita supaya orang-orang bisa menemukan bisnis kita dengan mudah. 


Segala kelebihan dunia digital marketing membuat setiap orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis mengikuti kursus digital marketing. Persaingan akan terus berlanjut dan meningkat. Jangan lewatkan setiap trend yang ada atau kita tertinggal di belakang.

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature