Wadah Curahan Hati

Tes Kesehatan Jasmani, Rohani dan NAPZA di RSUD Garut untuk Pemberkasan CPNS

Monday, November 2, 2020

Gaes, pinggang aku pegel banget habis ngurus surat kesehatan buat pemberkasan CPNS nanti. Masalahnya nih aku jarang ke RSUD Garut jadi gak tahu gedung-gedung dan alur pendaftarannya. Di sana juga minim rambu-rambu jadi harus selalu tanya-tanya ke pusat informasi dan pegawainya. Hayu lah kita bahas alurnya.


Hal yang harus disiapkan: 

fc KTP 5 lembar dan pulpen untuk isi mengisi formulir.


Kita masuk ke pintu utama ya. Aku nanya dan memberitahukan maksudku kepada pegawai di pusat informasi, "oh untuk pemberkasan CPNS ya? silahkan ke gedung ini ke atas, ke lantai 2". Lihat denah. Gedung yang dimaksud adalah gedung poliklinik/rawat jalan. 


Tes kesehatan CPNS di RSUD Garut
Denah 1

Udah ya aku naik. Di lantai 2 bagian kanan ada meja pendaftaran (lihat denah 2 di bawah ini ya). Di rumah sakit ini enggak ada istilah nomor antrian. Jadi langsung aja todong pegawainya, "Bu, mau tes jasmani, rohani, narkoba buat pemberkasan CPNS."

Denah RSUD Garut
Denah 2

Pegawai bilang, "oia, neng, isi formulir ini ya. Tuliskan nomor telp nya di sana dan 1 fc ktp. Nanti simpan di keranjang ini. Nanti kita panggil."

"Sudah sepaket Bu?"
"Iya sudah sepaket semua (MCU [jasmani tes narkoba] + MMPI [tes rohani])..."

Emang di sini dikasih paketan gitu. Ada yang curhat tadi tuh, "aku mah sebenarnya udah tes jasmani sama narkoba di puskesmas. Tinggal tes rohani aja di RSU. Tapi gak bisa, harus ambil sepaket." 😭 kaku banget kebijakannya.

Beres daftar, aku bayar ke loket 3. Tempatnya nyempil banget di pinggir tangga bawah. Gak ada antrian ya. Masukin aja formulirnya. Nanti dipanggil. Untuk tes paketan itu aku harus bayar Rp566.000,-.

Di sini yang bikin aku kesel. Kan aku belum tahu alurnya ya jadi aku tanya pegawai di loket bayar, "Pak, habis ini kemana?". Dia jawab, "ke atas Bu." ya udah aku ke atas lagi ke bagian loket pendaftaran. 

Nyampe di sana pegawainya bilang, "ke bagian MCU, Bu. Di koridor ujung." Turun lagi dong nyari-nyari MCU. 

Aku merasa gak lihat denah di sana. Di papan petunjuk pun, aku gak nemu tulisan MCU. Pusing! Untung ketemu tetangga yang kerja di sana wkwkwk diarahin deh ke bagian MCU.

Di MCU, lagi-lagi tidak ada antrian. Simpan aja berkas formulir dan bukti bayar warna pink ke meja petugas. Bukti bayar warna putih kita simpan buat ambil hasil tes nanti. 

Trus dikasih formulir data diri dan riwayat kesehatan. Diisi ya. Di sini juga diminta fc KTP 3 lembar. Ditanya TB, BB sama dicek tekanan darah. 

Trus dikasih 3 lembar formulir pemeriksaan untuk nanti diisi pegawai kesahatan di bagian lain. 1 untuk tes urine, 1 untuk rontgen, dan 1 untuk tes kejiwaan.

Selanjutnya aku pergi lagi ke gedung poliklinik tadi. Aku masukin formulirnya ke bagian lab (tes urin) terus ke bagian radiologi. Gak ada antrian guys. Taruh aja formulirnya di loket pendaftaran. Nanti diambil pegawainya kok.

Nunggu dipanggilnya juga lamaaaaaaaaaaaaa. Pinggangku sampai sakit ini. Kursi penuh. Ada kursi kosong tapi jauh, takut gak kedengeran pas dipanggil.

Yang duluan manggil adalah bagian lab untuk tes urin. Ntar dikasih wadah kecil buat menampung airnya. Dipinggir ada pintu masuk ruangan. Di ujung kirinya ada toilet. Silahkan memerah urin.

Allahu akbar. Toiletnya gelap. Bau mah udah pasti. Khas. Aku berasa masuk alam kubur. Bodo amat. Pengen cepat beres euy. Kalau udah dapat urinnya, wadah ditaruh di keranjang deket pintu masuk tadi. Ntar pegawai yang ambil. 

Dari sana, aku pergi ke radiologi. Nunggu panggilan lagi. Lamaaaaaaaaaaaaaa. Bisa lama karena pasien banyak dan emang musim pemberkasan jadi banyak yang daftar, sedangkan ruangan cuma ada 1. Belum lagi kalau perempuan agak ribet. Harus buka daleman dll. 

Enggak telanjang gaes. Hanya gak boleh pakai pakaian/benda yang menghalangi sinarnya. Nanti disuruh pakai kimono gitu, baju pasien yang warna ijo. 

Udah beres radiologi, aku pergi ke lantai atas ke bagian kejiwaan. Deket loket daftar tadi. Kasih formulir terakhir. Trus kita dikasih formulir data diri, lembar jawaban dan soal MMPI (Minnesota Multiphasic Persinality Inventory)

Di lembar jawaban cuma ada bulatan + (setuju) dan - (tidak setuju). Ada 183 pernyataan yang perlu kita respon. Aku menghabiskan sekitar 20-30 menit untuk tes rohani. Sebelum pulang, aku diminta fc KTP lagi. Daaaaan proses MCU + MMPI akhirnya selesai.

Aku daftar kira-kira pukul 9 pagi dan selesai pukul 12.44. Silahkan itung sendiri berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses ini.

Pegawai mah, alhamdulillah, udah jauh lebih ramah dibandingkan dulu pas waktu aku kecil, tapi tetap kebijakan yang kaku, prosedur yang ruwet, rambu-rambu serta alur yang tidak mudah dipahami orang baru menjadi masalah klasik.

Kalau di aplikasi mah, RSUD Garut itu tidak user-friendly.

Selain ktp dan pulpen kita juga mesti menyiapkan kesabaran dan pinggang yang kuat. Bagusnya pergi barengan dengan teman. Biar enggak bingung sendirian wkwkwk.

Besok aku harus mengurus SKCK uy 😭 Belum apa-apa aku udah capek. Pinggang masih panas.

Selamat mengurus-ngurus dokumen ya, guys. Semoga urusan kita dilancarkan dan tentu kita juga dikuatkan.

Bismillah....
Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature