Wadah Curahan Hati

Tips dan Trik Makan Makanan Pedas Biar Gak Sakit

Friday, November 27, 2020

Tips makan makanan pedas biar gak sakit perut
 

Ya allah, kepikiran banget sih nulis yang beginian. Maklum, sebagai salah satu penggemar makanan pedas aku dulu sering merasakan sakit yang diakibatkan cabe-cabean beserta kawan-kawannya. Pernah sakit apa aja? Sakit perut mah udah pasti. Sakit bagian atas lambung yang deket dada, pernah. Amebeien dan wasir sampai susah tidur berhari-hari dan pergi ke dokter, pernah.


KAPOK? ENGGAK πŸ˜‚ Pas pergi ke dokter pernah sih bilang "enggak akan makan yang pedes-pedes lagi". Selepas sembuh, kambuh lagi dong. Mana enak coba, makan bakso tanpa cabe? atau ikan asin tanpa sambel? So, aku emang enggak kapok makan makanan pedas. 


Masalah utamanya kan si sakit ini ya bukan makanannya LOLz πŸ˜Kita mah suka-suka aja sama makanannya. Jadi, aku selalu mencari cara supaya enggak sakit.


1. Biarkan makanan dingin

Ini khusus banget untuk makanan yang super pedas. Suatu ketika aku nyobain mie super pedas gitu. Enaknya mie dimakan panas-panas kan ya? iya, aku makan pas panas-panas dan gila banget, mulut aku jadi kayak mulut naga. 


Aku bener-bener struggle buat ngehabisin mie selama 10 menit lebih. Sering berhenti buat minum dulu, sampai perut penuh dan sakit karena kebanyakan minum air. Hampir gak habis malah.


Percobaan kedua, aku tunggu mie nya sampai dingin baru disantap. Hasilnya, ternyata enggak sepedas kemarin. 3 menit langsung habis πŸ˜‚ Gak banyak drama. Ternyata betul, jangan makan saat makanan panas. Tunggu dingin dan habisin.


2. Tunggu sebagian merica turun ke dasar mangkok

Aku pernah makan ramen sampai sakit di bagian lambung atas dan bagian dada. Sakitnya di tengah-tengah makan dong. Belum beres udah sakit banget. Pingin muntah dan udah gak karuan. Tapi, tetap aku habiskan semua mie plus kuahnya hingga mangkok licin bersih. 


Next, aku makan lagi di tempat yang sama tapi level pedesnya diturunin. Masih sama gaes, sakit. Untuk kesekian kalinya aku makan lagi, tapi saat itu bareng temen dan ngobrol lama. Ramennya sering aku diemin. Pas di bagian akhir aku makan mie dan kuahnya. Ada bumbu merica yang mengendap di mangkok banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget. Tebelnya hampir 1 ruas jari dari dasar mangkok. 


"oh ternyata kamu yang bikin aku sakit!" Gila kan selama ini aku udah makan berapa gram merica lewat kuahnya. Punten banget, aku tipe orang yang tidak meninggalkan kuah. Semua aku makan. 


Sekarang aku lebih berhati-hati lagi pas makan kuahnya. Pokoknya kuah aja yang dimakan. Bumbu-bumbu yang gak larut sama kuah, kaya merica dan biji cabe, gak usah dimakan semua.


3. Jangan banyak menyela untuk minum

Kalau banyak disela dengan kegiatan minum, nanti perut cepat penuh sama cairan dan hanya ada sedikit ruang untuk makanannya. Bisa-bisa susah napas dan muntah. Kalau udah enggak kuat makan, rehat aja sebentar. Minum seteguk boleh asal jangan sampai 1/4 gelas.


Dengan minum juga, mulut kita jadi lebih dingin gitu kan. Jadi, pas lanjut makan malah lebih sensitif sama pedas dan terasa lebih pedas dari sebelumnya.


4. Minum susu

Di dalam cabe itu kan ada zat yang namanya capsaicin. Nah, zat itu lah yang membuat sensasi pedas dan panas saat makan cabe-cabean. Salah satu zat yang bisa melarutkan capsaicin adalah protein susu. Aku sendiri mereasa memang susu lebih cepat mengatasi rasa pedas dibandingkan dengan jus buah atau teh manis.


Ada juga yang menyarankan minum teh hangat atau panas untuk meredakan rasa pedas. Aku sendiri udah enggak ngelakuin itu karena serasa minum api dan nyium tanah neraka πŸ˜‚ Emang meredakan pedas sih tapi menyakitkan juga. Jadi, aku memilih dan merekomendasikan minum susu, terutama susu segar yang enggak ada rasanya alias plain.


Selain mengatasi rasa pedas dan panas, susu juga mengurangi sakit perut setelahnya loh. Minumnya di akhir ya, dan gak usah sekali habis. Bertahap aja.


5. Perbanyak serat

Ini utamanya buat yang menderita ambeien dan wasir. Jangan sampai sisa makanan pedas dan keras bersemayam dalam usus kita. Menderita luar biasa di akhir. Serat dalam sayuran dan buah-buahan akan memperlancar dan "mendinginkan" suasana perut juga. Meminimalisir sakit yang tidak diinginkan.


Suka makanan pedas boleh, sakit jangan.... :')

Kita harus menikmati tanpa menyakiti

Biar asik di kemudian hari


Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature