Wadah Curahan Hati

Ingin Brand Dikenal secara Luas? Mulai Bekerja dengan Social Media Agency

Thursday, December 17, 2020

 

source: canva

Seiring dengan semakin bertambahnya popularitas social media, sektor marketing di bidang digital semakin menjadi-jadi. Fungsi komunikasi pada social media tidak terbatas pada percakapan antara badan usaha dan konsumen tapi merambah pada penjualan, pengiklanan, customer service hingga meningkatkan brand awareness.


Bukan hal mudah untuk menjalankan semua fungsi di atas. Oleh karena itu, tidak jarang sebuah badan usaha memperkerjakan seorang ahli untuk mengurusi social media mereka. Jika pangsa pasar ada di skala nasional maka social media agency Jakarta biasa dipilih karena berpusat di ibukota negara.


Social media agency Jakarta ataupun agensi lainnya memiliki tugas yang sama. Mereka harus mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen dan calon konsumen di dunia digital melalui konten yang mereka buat, baik itu berupa teks, gambar ataupun video. 


Memahami Perusahaan

Untuk mulai bekerja sama dengan social media agency Jakarta, jawablah pertanyaan mendasar berikut:

  1. Siapa target bisnis Anda?
  2. Siapa saingan bisnis Anda?
  3. Bisnis bergerak di bidang apa?
  4. Bagaimana dan sejauh apa strategi marketing sebelumnya dilaksanakan?
  5. Karakter dan style apa yang ingin ditonjolkan dari bisnis Anda?
Pihak agensi akan memberikan pertanyaan lain jika informasi yang diberikan belum cukup dalam memahami bisnis yang sedang dikembangkan. Keterbukaan dan kejujuran sangat penting agar proses pembuatan konten tidak bersebrangan dengan prinsip dasar perusahaan.

Faktor dalam Memilih Social Media Agency

Berdasarkan the Manifest Social 2018 Media Survey, ada tiga faktor teratas yang menjadi dasar pertimbangan memilih social media agency, yaitu tarif, rujukan dan kesesuaian budaya.

Orang-orang akan mudah tertarik dengan tarif jasa yang ditawarkan. Akan tetapi, murah saja tidak cukup untuk bisnis. Jasa yang baik akan berbanding lurus dengan harga yang diberikan. 

Untuk mendapatkan agensi terpercaya mungkin agak sulit. Salah satu yang bisa diandalkan adalah dengan rujukan atau rekomendasi. Dengan mendapatkan rekomendasi, kita bisa sekaligus mendapatkan testimoni untuk menganalisa track record agensi tersebut.

Apakah kinerja agensi pada proyek sebelumnya akan sesuai dengan harapan perusahaan? Faktor ini sangat krusial mengingat nanti si agensi akan "mewakili" wajah perusahaan kepada publik. Kesesuaian budaya kerja antara agensi dan perusahaan juga akan mempengaruhi proses komunikasi secara keseluruhan di kemudian hari.

Manfaat yang Didapatkan dari Social Media Agency

1. Memiliki team berpengalaman dan profesional. Pengelolaan social media termasuk pemilihan konten dan caption akan terlihat rapih dan menarik karena dikerjakan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

2. Efisien dalam menjalankan bisnis. Proses marketing dilakukan dengan cermat dan tertata sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Rencana dan strategi disusun berdasarkan penelitian agar target bisa dicapai dengan waktu yang cepat.

3. Efektif dalam pembiayaan. Uang tidak terbuang percuma untuk pembelian konten dan iklan yang tidak tepat sasaran.

4. Konsisten. Perencanaan matang serta pengerjaan secara tim menghasilkan konten yang konsisten terhadap misi dan visi yang dijalankan.

5. Laporan statistik yang cepat. Pergerakan bisnis di dunia digital memiliki kelebihan dalam hal laporan statistik yang praktis bahkan real-time. Contohnya, pengguna instagram bisnis bisa langsung melihat insight dan engagement sesaat setelah konten ditayangkan.

Social Media untuk Marketing

Beberapa media sosial yang sering dipakai di Indonesia: Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Youtube digandrungi oleh kaum milenial dan generasi Z dengan jumlah pengguna global mencapai 1,9 miliar.

Facebook dan Instagram berada di bawah naungan perusahaan yang sama. Jika digabungkan penggun globalnya mencapai 3 miliar lebih. Facebook biasa dipakai oleh generasi X dan Instagram oleh kaum milenial.

Twitter memiliki 335 miliar pengguna global yang didominasi kaum milenial. Kemudahan berbagi informasi dan percakapan yang sederhana menjadikan Twitter tempat terbaik untuk memberikan pelayanan pelanggan.

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature