Wadah Curahan Hati

Si Pemula yang Bikin Blog Wordpress di Niagahoster

Friday, January 8, 2021

Sekali lagi aku bikin blog dengan wordpress.org. Emang kuat banget godaannya. Wordpress itu enak untuk nulis dan juga mudah diatur berkat plugin-nya. Temanya juga enggak kaleng-kaleng. Bagus banget. Namun, tentu biaya yang dibutuhkan juga enggak sedikit.


Kali ini aku pakai Niagahoster untuk hosting dan segala macamnya. Marketing provider itu memang gila ya. Yang tertulis Rp.10.000/bulan, tapi ternyata harus ambil sewa 3 tahun gitu. Mahal-mahal aja sih. Jadinya aku ambil paket wordpress pelajar yang paling murah.


Hosting wordpress paket pelajar di Niagahoster biayanya 40ribuan sebulan. Minimal sewa 1 tahun dengan total 600ribuan/tahun. Aku kira ini akan selamanya bayar segitu eh tapi lagi-lagi itu adalah sebuah jurus. Tahun berikutnya kalau mau perpanjang akan mengikuti biaya normal, sekitar 60rebu sebulan. Kalau setahun sekitar 800ribu dan itu semua belum termasuk PPN 10% ya.


Kapasitas penyimpanannya unlimited. Apakah ini sebuah jurus? sepertinya sih iya. Katanya itu penyimpanan berbagi, makanya bisa unlimited. Resikonya, kalau salah satu blog pengguna lain punya pengunjung banyak ya terpaksa blog kita juga kena dampaknya. Tapi, aku enggak terlalu khawatir karena blog aku masih kecil dan sepi. Peyimpanannya masih leluasa.


Aku pemula gitu kan, jadi banyak nanya ini itu ke CS nya. Khawatir banget enggak direspon. Pengalaman di provider sebelah dulu buruk sih. Mungkin kesel ya dapat pelanggan noob kayak aku. Untung CS Niagahoster sabar-sabar. Trims.


Ketika beli layanan di mereka, aku selalu dapat email notifikasi bahwa layanannya akan segera aktif. Tapi nunggu beberapa menit statusnya masih pending. Kan aku kaget hehehehe maklum pemula dan duit yang aku keluarkan udah lumayan mahal gitu jadi khawatir. Untuk ya setelah CSnya dichat mereka merespon dan gak lama kemudian status udah aktif.


Termasuk saat beli tema blog yang harganya sekitar 200ribu. Butuh waktu 1x24 jam supaya kita bisa mendownload temanya. Setelah tema berhasil didownload dan diinstall di wordpress (panduannya ada di youtube niagahoster) blog aku malah jadi acak-acakan hahahaha


Panik? IYAAAA dong. Akhirnya aku hubungi si pembuat temanya. Kontaknya tertera di Niagahoster Store. Alhamdulillah, aku hubungi lewat WA responnya cepat banget. Cuma nunggu 1-2 jam dan tampilan blog aku rapih.


Sekarang aku bisa menulis dengan tenang dan nyaman di blog baruku sekolahketiga.com. Cek ya, gaes. Menurutku proses loading halamannya jauh lebih cepat dibandingkan kedua blogku yang ada di Blogger. Tentunya lebih keren dan lebih rapih hahaha I love wordpress.


Udah jadi nih blognya, tapi waktu itu aku masih merasa aneh. Kok ada tanda segitiga merah di alamat blogku? Ternyata itu tanda bahwa alamat kita belum terenkripsi. Jadi, perlu ditambahkan proteksi SSL biar berubah kadi simbol kunci gembok.


Aku agak panik sih. Bukannya udah dikasih SSL gratis untuk paket pelajar ya? Ternyata masih harus diatur manual. Ada tutorial menginstall SSL gratis dari Niagahoster di Youtube. Gampang. Bisa juga lihat tutorialnya di blog Niagahoster. Search di Google deh. 


Berkeringat dan bikin deg-degan di setiap langkah pembuatannya. Dengan sabar CS Niagahoster mengarahkan dan memberikan pemahaman padaku, si Pemula. Walaupun harus mengeluarkan uang yang lumayan besar, aku sangat senang dengan hasil yang aku dapat sekarang.


Beberapa hal yang aku highlight dari Niagahoster:

  1. Biaya lebih mahal dari provider lain
  2. Pelayanan CS baik
  3. Kecepatan loading blog sangat cepat
  4. Tersedia tema wordpress premium
  5. SSL gratis

Beberapa hal yang aku suka dari wordpress:
  1. Tema blog/website cantik-cantik
  2. Mudah untuk mengatur blog dengan bantuan plugin
  3. Mudah untuk menulis dengan SEO-friendly
  4. Lebih leluasa mengatur administrasi blog
  5. Kecepatan loading blog cepat

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature