Wadah Curahan Hati

Ringkasan Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 1

Monday, January 11, 2021

Serial anime Attack on Titan atau Shingeki no Kyoujin sudah memasuki final season alias musim terakhir. Cerita mengenai asal muasal makhluk raksasa yang menyerang tembok di pulau Paradis perlahan terkuak. Musim terakhir ini pun lebih banyak bercerita mengenai orang-orang Eldia yang tinggal di luar pulau Paradis, sesuai dengan judul episode pertamanya "the other Side of the Sea", Sisi Lain Lautan. Berikut cerita Attack on Titan Season 4 Episode 1.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Adegan pertama memperlihatkan karakter baru, yaitu seorang anak laki-laki yang sedang tergeletak lemah sambil membayangkan kebebasan layaknya seekor burung di tengah medan perang. "Falco!" Itu namanya, diteriakan oleh kakaknya, Colt, saat hendak membawanya menuju tempat lebih aman.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Sementara Falco dirawat oleh teman-teman sesama bocahnya (Ghabi, Zofia, Udo), Colt "sang pewaris Beast Titan" melapor pada Komandan Magath bahwa situasi sangat tidak baik. Pasukan Eldia disapu bersih. Tidak ada jalan untuk terus maju kecuali menuju kematian.


Perang apakah itu? Mengapa bocah-bocah bisa masuk medan perang?

Ini adalah perang antara Marley dan Aliansi Timur Tengah yang terjadi selama 4 tahun sejak Reiner dan Zeke mundur dari Pulau Paradis dan kembali ke tanah kelahiran mereka, Marley. Misi mengambil kekuatan Founding Titan di Pulau Paradis pun tertunda akibat perang ini. 


Sedangkan, keempat bocah tadi memiliki tanda kuning di lengannya yang menunjukan bahwa mereka adalah kadet terpilih untuk mewarisi kekuatan titan kelak. Keikutsertaan mereka semata-mata adalah ujian bagi para pewaris kekuatan titan.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Para pewaris kekuatan Titan harus menunjukan kekuatan dirinya. Misalnya, Gabi sangat ambisius dan memiliki kepercayaan tinggi bahwa dia harus membasmi para iblis yang bersembunyi di Pulau Paradis yang menjadi sumber penderitaan kaum Eldia di seluruh dunia. Untuk itu dia akan mengerahkan segala kekuatannya agar layak mewarisi kekuatan Armored Titan dan membebaskan kaum Eldia di tempat penampungan.


Dengan semangatnya, Gabi tidak segan untuk melakukan rencana gila. Alih-alih mengorbankan pasukan Eldia di barisan depan seperti rencana Magath, Gabi bersedia maju sendiri untuk melemparkan geranat ke kereta pengangkut senjata anti titan.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Gabi berjalan pelan sambil mengangkat kedua tangannya, berpura-pura menyerah. Hingga sampai di sebuah titik dia melemparkan bom ke arah rel dan berhasil menghancurkan senjata anti titan. Dengan begitu, Jaw Titan (Galiard) dan Cart Titan (Pieck) aman untuk melancarkan serangan.


Dari atas kapal, Reiner dan Zeke beserta pasukan mindless titannya sudah bersiap untuk terjun. Dalam adegan ini diperlihatkan beberapa orang Eldia diikat menggunakan rompi khusus dengan ekspresi wajah mengerikan. Tatapan takut, marah, hampa, semangat yang bercampur aduk.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Teman-teman masih ingat peristiwa warga desa Connie yang dirubah menjadi Titan oleh Zeke? Nah, strategi itu lah yang akan dilakukan Zeke.


Orang-orang Eldia berompi itu diterjunkan. Dengan teriakan Zeke, mereka berubah menjadi mindless titan dan jatuh ke medan perang untuk menghancurkan atau lebih tepatnya memakan musuh secara brutal.


Setelah musuh syok dengan kehadiaran titan dari atas, Reiner kemudian ikut terjun dan mengeluarkan kekuatan Armored Titan untuk menghancurkan sisa-sisa meriam musuh. Sesaat sebelum berubah, Reiner menganalisis tempat dan jumlah meriam seraya melihat pemandangan tembok benteng musuh dari atas. Untuk beberapa detik, dia mengingat hari-harinya di dalam tembok Pulau Paradis, "aku sudah muak dengan tembok".


Mengikuti Reiner, Zeke "si Beast Titan" memiliki peran untuk melemparkan puing dan senjata ke arah kapal laut perang musuh di pelabuhan.


Beast Titan memang lemah saat bertempur jarak dekat, tetapi sangat handal untuk penyerangan jarak jauh. Sayangnya, kali ini musuh pun memiliki senjata yang lebih maju. Kapal laut di pelabuhan menembak beberapa meriam jarak jauh yang membuat Zeke sangat terkejut.

Attack on Titan Season 4 Episode 1

Sebelum meriam menghantam Zeke, Reiner mengorbankan Armored Titannya untuk melindungi Zeke hingga tak berdaya. Zeke melemparkan bom lagi ke arah kapal yang kali ini berhasil diratakan. Kemenangan pun didapatkan Marley.


Walaupun menang, dengan jatuhnya Armored Titan dalam medan perang menandakan bahwa kekuatan musuh terus meningkat untuk mengalahkan kekuatan Titan. Marley semakin bersemangat untuk mengambil kekuatan Founding Titan untuk mengerahkan kekuatan titan sesungguhnya dan menjadi bangsa yang paling berkuasa di daratan utama.


Apakah Reiner mati? Tentu tidak. Tubuh titannya mungkin roboh tetapi manusianya sendiri masih bisa selamat dan memulihkan kerusakan badannya asalkan bagian lehernya tidak rusak.


Attack on Titan Season 4 Episode 1 memang masih mencoba mengenalkan sedikit demi sedikit cerita Reiner setelah kegagalan misi merebut kekuatan Founding Titan di Pulau Paradis beberapa tahun yang lalu. Tak lupa beberapa tokoh baru seperti bocah lucknut Gabi, Falco, Udo, Zofia, Colt, Magath, Cart Titan dam Jaw Titan dengan pewaris Galiard.


Jaw Titan berbeda dengan Jaw Titan season 2, ya?

Di musim sebelumnya, kita disuguhkan cerita bagaimana Ymir (teman dekat Historia) mendapatkan kekuatan Jaw Titan dari Marcel, kakak Galiard. Ymir kemudian dibawa menuju Liberio, tempat penampungan kaum Eldia di Marley. Di sana lah Ymir dimakan oleh Galiard untuk mewarisi Jaw Titan.


Nah, penampakan Jaw Titan versi Galiard memang jauh berbeda dengan Jaw Titan versi Ymir. Dari sini pun kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penampakan titan akan berbeda-beda sesuai dengan watak pewarisnya.

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature