Wadah Curahan Hati

Tweet Lengkap Kristen Gray yang Viral

Tuesday, January 19, 2021

Kristen Gray adalah seorang WNA yang tinggal di Bali bersama pasangannya. Mereka pindah dari Amerika sejak tahun 2019 silam. Masalah muncul ketika mereka menulis dan menjual buku perjalanan yang mengajak orang-orang bepergian dan tinggal di Bali di masa pandemi ini. Hal itu disesalkan banyak warga Indonesia karena berpotensi merugikan pihak lokal. 


Aku tahu kabar ini dari Tiktok karena banyak orang yang speak up mengenai Kristen Gray dan bagaimana dia playing victim saat mengaitkan kasusnya dengan warna kulit dia, seolah-oleh mencoba mengaburkan isu utama dan meminta simpati/empati komunitasnya. 


Menarik untuk dibaca apalagi netizen Indonesia kali ini bersatu di hampir semua media sosial untuk melawan statment Bule Amrik ini. Berikut awal mula tweet Kristen Gray.

kristen grey viral

Moving out of America in my 20s has been a game changer. I've been living in Bali, Indonesia for over a year with my girlfriend. A thread...

Pindah dari Amerika di usia 20an telah mengubah hidupku. Aku bersama pacarku sudah lebih dari setahun ini tinggal di Bali, Indonesia. Sebuah utas...

We initially moved abroad for a 6 months stay in Bali to stack back some bread & elevate our lifestyle.

Kami awalnya ingin tinggal di Bali selama 6 bulan saja untuk memperbaiki pendapatan dan meningkatkan gaya hidup.


tweet kristen grey viral

I was broke, struggling to find work the entire year of 2019 and I wanted to take a stab at entrepreneurship. I also wanted to get out of survival mode and tap into how I could THRIVE.

Aku gak punya uang, berjuang mendapatkan pekerjaan sepanjang tahun 2019 dan aku ingin mencoba berbisnis. Aku juga ingin keluar dari zona bertahan hidup dan memasuki zona dimana aku mampu BERKEMBANG.

 After getting rejected for jobs and living off savings trying to make my business pop, my girlfriend and I decided to book one-way flights to Bali, Indonesia.

Setelah ditolak dari berbagai pekerjaan dan hidup dari tabungan agar bisnisku berkembang, aku dan pacarku memutuskan untuk memesan perjalanan stau arah ke Bali, Indonesia.


Teman-teman berhubung screenshot twitternya agak banyak jadi aku akan langsung tuliskan tweet asli dan terjemahannya saja tanpa screenshot. Btw, utas aslinya sudah gak bisa diakses karena doi memproteksi akunnya. Jadi aku dapat ss dari aku Salt Chip.

This Island has been amazing because of our elevated lifestyle at a much lower cost of living. I was paying $1300 for my LA studio. Now I have a treehouse for $400. Dec. 2019 on the left...Jan 2021 on the right.

 Pulau ini menakjubkan karena gaya hidup tinggi kami ternyata menghabiskan dana yang jauh lebih rendah. Dulu di LA, aku membayar$1300 untuk apartemen studio. Sekarang aku punya sebuah rumah pohon seharga $400. Sebelah kiri Des. 2019... Sebelah kanan Jan 2021.


Dia menunjukan dua buah gambar yang membedakan hidupnya sebelum atau hidup awal dan sesudah sukses tinggal di Bali.

Being a digital nomad is everything. I was able to successfully transition my graphic design business on road. I work 100% for myself; in the beginning it was challenging but I've grown up so much as a entrepreneur.

Menjadi pengembara digital adalah bagian yang sangat penting. Aku sukses menjalani transisi ke dunia bisnis design grafik. Aku seutuhnya bekerja untuk diriku sendiri; di awal memang banyak tantangan tapi aku tumbuh dengan baik sebagai pebisnis.

When I think about it, it's super clear that the move was intuitive. Bali is where I was supposed to be through it all. There was an energy about the states that I had to take a break from. Bali was the perfect medicine.

 Ketika aku memikirkan perjalanan hidupku, sangat jelas bahwa perpindahan itu intuitif. Bali adalah tempat dimana aku seharusnya melalui semuanya. Ada sebuah energi mengenai keadaan yang harus aku jauhi. Bali adalah obat yang sempurna.

In March, when the pandemic hit and our 6-month plan went out the window, we decided to stay in Bali to "wait it out" and we've been here ever since.

Di bulan Maret, ketika pandemik merebak dan recana awal tinggal selama 6 bulan kami berubah, kami memutuskan tinggal di Bali untuk "menunggu" dan kami akhirnya tinggal di sini sejak saat itu.

Some majors benefits of moving to Bali: -Safety -Low cost of Living -Luxury lifestyle -Queer friendly -Black in Bali community

Beberapa keuntungan utama pindah ke Bali.
-Aman
-Biaya hidup rendah
-gaya hidup mewah
-ramah terhadap kaum queer
-Adanya orang kulit hitam di komunitas orang Bali


Queer secara bahasa artinya aneh. Istilah ini dipakai untuk mamayungi kaum minoritas dalam aspek orientasi seksual seperti gay, bisex, lesbi dan orientasi lainnya diluar orientasi seksual dominan. Kristen Gray termasuk ke komunitas queer karena dia lesbi.

There's a whole community of black folks on the island. This was taken after the murder of George Flyod. We met up to be in community and love on each other.
Ada sebuah komunitas orang kulit hitam di pulau itu. Ini [merujuk pada foto yang dibagikan] diambil setelah kasus pembunuhan George Flyod. Kami berkumpul bersama komunitas dan saling mencintai.
Overall Bali has helped me heal from childhood traumas, some physical ailments (like IBS & acid reflux). The entire experience has been about healing and growth. I needed to press pause of my American life to REST & HEAL.
Secara keseluruhan Bali membantuku pulih dari trauma masa kecil dan beberapa penyakit fisik (seperti IBS & asam lambung). Semua pengalaman ini menjadi proses penyembuhan dan berkembang. Aku harus meneka tombol jeda untuk kehidupan Amerikaku menuju ISTIRAHAT & SEMBUH.
My baby @Saundraaa got me a puppy!
Pacarku @Saundraaa menghadiahiku seekor anak anjing!
We've made life long friends with the locals. This is our Balinese mom Ibu Dewi, we made her some menus for her restaurant.

Kami sudah berteman lama dengan penduduk lokal. Ini Ibu kami dari Bali, Bu Dewi, kami membuatkan menu untuk restaurannya.

Honestly y'all, 2020 was the best year for me. Even with all the quarantining I was able to focus without the dictation of the American news or political drama.

Jujur aja, gaes, 2020 adalah tahun terbaikku. Bahkan dengan masa karantina ini aku bisa fokus tanpa dikte dari berita seputar Amerika atau pun drama politiknya.

We try to stay informed but for the most part we have a healthy detachment from the chaos. And it's been rewarding to use the silence to build with my partner.

 Kami mencoba tetap mengikuti berita [di Amerika] tapi lebih seringnya kami melepaskan diri dari kekacauan yang timbul. Dan sangat bermanfaat menggunakan masa ketenangan ini untuk membangun [kehidupan] bersama pasanganku.

We just celebrated my baby's @Saundraaa 30th birthday yesterday and today is our 2 year anniversary.

Kami baru saja merayakan ulang tahun @Saundraaa ke-30 kemarin dan hari ini adalah ulang tahun ke-2 hubungan kami. 

I don't know where we'll go next but I am so grateful I've gotten to have this experience at 28 with my life partner.

Aku tidak tahu kemana kami akan pergi selanjutnya tapi aku sangat bersyukur mendapatakan pengalaman ini di usia 28 bersama pasanganku.

If you want to know more about our journey abroad, cop up our full ebook "Our Bali Life is Yours" at baliebook.com it's a guide breaking down how we did it and how you can do it too.

Jika kalian ingin tahu lebih jauh tentang perjalanan kami di luar negeri, beli ebook lengkap kami "Our Bali Life is Yours" di baliebook.com buku itu adalah panduan yang menunjukan langkah-langkah bagaimana kami bisa melakukan semua ini dan bagaimana agar kalian bisa melakukannya juga.

We include direct links to our visa agents and how to go about getting into Indonesia during COVID. It's also for any one wanting a change of pace.

Kami memasukan link langsung untuk mengakses agen visa kami dan bagaimana caranya pergi ke Indonesia selama pandemi COVID. Ini juga panduan bagi siapa pun yang ingin merubah rutinitas normalnya.

we're just two black girls trying to give knowledge and build a community of humans who know their divinity and want to thrive vs survive. Twitter do your thing?

Kami hanya dua gadis hitam yang ingin berbagi pengalaman dan membentuk komunitas manusia yang berketuhanan dan ingin berjuang vs bertahan hidup. Twitter lakukan tugasmu?

Wow just waking up in Bali, this thread took off! Buy our Bali Ebook: baliebook.com Follow us on Socials: IG: instagram.com/kristen.grey Saundra's IG: instagram.com/lovesaundra Tiktok: vm.tiktok.com/ZSTLm5N9 Youtube: [maaf gaes gak jelas bagian ini]

Wow baru bangun di Bali, utas ini viral! Beli Ebook kami di: baliebook.com bla bla [mereka berbagi link medsos mereka].

Y'all we JUST launched our first digital product "Our Bali is Yours" - baliebook.com. If you want to skip hours of YouTube pleaseee support this black business and buy the ebook! it's $30 [emo memelas, mohon, love] thank you sooo much!

Gaes, kita BARU SAJA meluncurkan produk digital pertama kami "Our Bali is Yours" - baliebook.com. Jika kalian tidak ingin menghabiskan berjam-jam di YouTube tolong bantu bisnis orang kulit hitam ini dan beli ebooknya! hanya $30. Terima kasih banyaaaak!

Hey y'all! The conversation being had here are VALID. Though they aren't the conversations I was having today. They've been seen & heard. Just sharing my story with my peoples, stay safe.

Hi gaes! percakapan yang ada di sini semuanya VALID. Walaupun bukan percakapan yang terjadi hari ini. Semuanya telah dilihat dan didengarkan. Hanya berbagi cerita dengan orang-orangku, jaga diri kalian ya.  

Nah itu utas lengkap yang mengawali drama twitter antara Kristen Gray vs Netizen Indonesia. Ada 3 isu utama yang dikritik secara tajam.


Persoalan pertama adalah mereka menikmati fasilitas mewah dengan mudah tanpa membayar pajak karena mereka memang tidak bekerja di Indonesia. Hanya berlibur tapi lamaaaaaa. Benar-benar serasa di surga gak sih?


User @mahoushojo__ : "Did they pay the tax like us local citizens? If not, gtfo" Apakah mereka membayar pajak seperti kami orang lokal? Jika tidak, minggat aja lah!


Dan @Saundraaa menjawab: "Why would I have to pay taxes if I never made IDR? I pay American taxes for making USD." Kenapa aku harus bayar pajak kalau tidak berpenghasilan rupiah? Aku bayar pajak Amerika karena berpenghasilan dolar.


Harus jelas apa tujuan pergi ke luar negeri? bekerja atau liburan? Berapa lama? Hal-hal ini tentu untuk meminimalisir persoalan kedua di bawah ini.


Dari user @mack_a_d00: "the old move from America to a developing country to 'elevate your lifestyle' move. Yeah, it works because the locals have so much less $ than your western salary makes you well off in comparison ....[bagian akhirnya gak kelihatan di ss ku sorry] 


Intinya, aksi pindah dari Amerika ke negara berkembang dengan dalih "meningkatkan gaya hidup" berpotensi merugikan penduduk lokal. Si Bule emang bakal menang alias terlihat kaya karena gajinya kan dolar yang kalau dikonversi ke rupiah jumlahnya jadi melambung. Sedangkan penduduk lokal tidak punya penghasilan sebesar itu. 


Jika hal ini dilakukan oleh banyak orang asing secara terus menerus atau permanen, maka biaya hidup pasti ikut meningkat mengikuti gaya hidupnya para bule. Sebagian besar yang bisa mengikuti biaya hidup itu tentu adalah bule-bule itu sendiri sedangkan penduduk lokal akan harus berusaha lebih keras untuk menutupi biaya hidupnya di negeri sendiri.


Persoalan ketiga, aksi mereka yang memanfaatkan keadaan demi keuntungan pribadi ini dirasa tidak pantas. Sekarang mereka sudah tinggal lebih dari 6 bulan dan memperpanjangnya karena pandemik menahan mereka untuk bepergian. Untuk hal itu mungkin kita sedikit maklum. Akan tetapi, aksi mereka yang menjual buku panduan bepergian dan mengajak orang lain untuk bepergian dan tinggal di Bali-sedangkan masalah COVID belum teratasi di Indonesia-mencerminkan kurangnya empati terhadap negara yang sedang mereka kunjungi.


Hal menyebalkan lain yang dilakukan Kristen adalah mengaitkan rasnya dengan kritikan warga Indonesia. Dia menuduh warga Indonesia anti-black. Ketika ras diikutsertakan maka dua komunitas akhirnya berseteru tanpa melihat akar permasalahan. 


Siapapun dia kulit hitam, putih, arab atau china, Indonesia akan memberikan reaksi yang sama. Ras dan kesukuan tidak ada kaitannya dengan masalah ini. Kristen Gray hanya tone deaf. 


Tone-deaf dalam konteks ini adalah kondisi yang menunjukan ketidaksensitifan atau pemahaman yang tumpul terhadap norma, tanda-tanda sosial dll. Dengan kata lain, seseorang yang tone-deaf tidak menunjukan simpati atau empati akibat dari sudut pandang/pemahaman yang kurang bijak/komprehensif. 


Satu minggu yang lalu Kristen Gray akhirnya dideportasi dari Indonesia. Gray dilarang kembali ke Indonesia selama 6 bulan ke depan. Semoga nanti kalau mau balik lagi mbak Gray lebih paham Indonesia bukan hanya Bali.

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature