Wadah Curahan Hati

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5: Deklarasi Perang

Friday, February 5, 2021

Pembuka Attack on Titan Season 4 Episode 5 memperlihatkan kenangan Reiner di Paradis. Bertholt terus membicarakan mimpi paman yang bunuh diri itu pada Reiner dan Annie. Mengapa si paman menceritakan kisahnya pada mereka. Dia merasa si paman memiliki penyesalan sehingga ingin dihukum oleh seseorang. Perasaan itu pula yang datang saat Reiner bertemu Eren untuk pertama kalinya sejak 4 tahun lalu.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Willy Tybur sedang bersiap menyampaikan orasi sekaligus deklarasi perang terhadap Eldia Paradis. Hadir di sana Kiyomi Azumabito untuk menyemangati Tybur. Kiyomi adalah wanita yang menyelamatkan Udo di pesta sebelum festival.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Setelah menyemangati Willy dia dan pengawalnya pergi. Benar-benar pergi. Ketika orang-orang menuju alun-alun untuk berkumpul, Kiyomi malah pergi menjauhi alun-alun. Jelas dia mengetahui sesuatu.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Di alun-alun orang-orang sudah berkumpul. Keluarga Braun (Reiner) bersebelahan duduk dengan Mr. Leonhart, ayah Annie. Ibu Reiner ingin menyemangatinya atas kepergian Annie, tapi Mr. Leonhart tetap percaya bahwa Annie belum mati. 

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Terompet pembuka telah ditiup. Sangat riuh. Para pejuang titan shifter berada di barisan khusus di bagian depan. Lengkap semua berkumpul kecuali Reiner. Kemudian datang seorang prajurit yang mengabarkan Magath ingin bertemu dengan mereka dan meminta para pejuang mengikutinya.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Terompet dan musik pun terdengar jelas dari ruang bawah tanah tempat Eren dan Reiner bertemu. Eren menyuruh Reiner mendengarkan pidato orasi Willy Tybur agar dia paham bahwa mereka berada di posisi yang sama. Reiner terlihat takut terhadap Eren dan mengikuti setiap perintahnya.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Tybur memulai pidato dengan cerita 100 tahun lalu ketika kerajaan Eldia memerintah benua utama dengan kekuatan para titan. Sejak memiliki kekuatan titan hingga sekarang entah berapa banyak nyawa melayang karena kekejaman mereka.


Ketika semua musuh telah ditaklukan, keluarga Eldia pewaris kekuatan titan kemudian saling membunuh dalam Perang Besar Titan karena dihasut oleh seorang Marley bernama Helos yang saat itu bekerja sama dengan keluarga Tybur sang pewaris War Hammer Titan. Hingga akhirnya Raja Fritz kabur bersama pengikutnya ke Pulau Paradis.


Walaupun telah dipukul mundur, warisan Raja Fritz masih menjadi ancaman. Fritz dengan kekuatan Founding Titan menciptakan jutaan titan yang kemudian menjadi tembok raksasa. Setiap waktu para titan itu bisa dibangkitkan untuk meratakan seluruh dunia dengan hitungan hari. Hal itu lah yang menjadi ancama bersama para bangsa di benua utama.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Sementara itu para pejuang lain tidak bisa mendengarkan pidato Willy karena dibawa oleh seorang prajurit untuk bertemu Magath. Pieck nampak curiga saat Zeke disuruh pergi ke arah lain sedangkan ia dan Porco tetap mengikuti si prajurit. Di tengah jalan mereka bertemu dengan tim Panzer, teman Pieck. Pieck menyapa dan merangkul teman-temannya. Lalu berjalan lagi mengikuti si prajurit suruhan Magath.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Mereka dibawa ke sebuah ruangan kosong. Mereka berjalan Beberapa langkah ke dalam ruangan. Si prajurit memutuskan sebuah tali dekat pintu masuk dan lantai di bawah Pieck dan Porco tiba-tiba terbuka. Mereka jatuh ke sebuah lubang sempit. Itu sebuah jebakan yang membuat mereka berdua tidak bisa berubah menjadi titan karena akan saling menghancurkan.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Dengan penjebakan ini sudah jelas akan ada hal besar yang terjadi setelah pidato Willy berakhir. Willy baru selesai bercerita sejarah Marley Eldia, tapi dia belum selesai berpidato. Hal penting baru ia akan sampaikan saat ini.


Sejarah yang diketahui semua orang tentang pahlawan Helos dan keberanian keluarga Tybur yang mengakhiri kekejaman bangsa Eldia adalah sandiwara. Kebenaran sesugguhnya, Raja Fritz mengakhiri kekejaman Eldia itu sendiri. Semua orang mulai terkejut.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Raja Karl Fritz muak dengan sejarah kekejaman bangsanya sendiri beserta pertumpahan darah antar saudaranya. Dia juga berempati terhadap Marley yang disiksa Eldia. Setelah Fritz mewarisi Founding Titan, dia bekerja sama dengan pewaris War Harmer Titan untuk menciptakan seorang pahlawan bernama Helos dari bangsa Marley yang akan berpura-pura meruntuhkan kerajaan sehingga bangsa Eldia dan Marley bisa menyatu.


Fritz kemudian pergi bersama rakyatnya ke Pulau Paradis, menyegel rakyatnya dengan tembok yang terbuat dari jutaan titan. Setelah itu Fritz membuat sumpah anti perang yang mengikat para keturunannya sehingga tidak ada keturunan dia yang menyerang benua utama. Ini semua demi terciptanya kedamaian.


Kedamaian itu sekarang mulai terusik. Beberapa tahun terakhir, terjadi pemberontakan di Pulau Paradis terhadap kerajaan. Founding Titan telah direbut oleh seorang pemberontak kedamaian bernama Eren Yeager, yang bukan keturunana raja sehingga sumpah anti perang tidak mengikatnya.


Mendengarkan pidato itu Falco terkejut. Lebih terkejut lagi melihat Kruger sedang menyembuhkan kaki nya yang buntung. Falco akhirnya paham apa yang sebenarnya terjadi. Kruger adalah Eren, musuh Eldia dari Pulau Paradis dan dia telah diperdaya Eren untuk mengirimkan surat pada kawan-kawannya yang sedang menyusup di Liberio.


Pidato Willy berlanjut  membicarakan kemungkinan terburuk yang akan dilakukan Eren. Eren diceritakan seperti orang jahat yang bisa saja mengaktifkan kekuatan Rumbling, bangkitnya jutaan titan dalam tembok untuk meratakan dunia.


Eren tidak menampik hal itu. Baginya orang-orang di benua juga jahat karena telah mengusik kedamaiannya di dalam tembok hingga ibunya dimakan titan. Eren telah menyusup beberapa waktu di Liberio. Dia melihat kehidupan di sebrang lautan sama saja dengan yang ada di dalam tembok. Ada orang baik dan jahat. Namun, kenapa orang-orang di dalam tembok disebut iblis?


Mendengarkan ucapan Eren, Reiner semakin takut bercampur rasa menyesal hingga sujud memohon agar segala dosa-dosa yang ia perbuat di dalam tembok ditanggung oleh dia seorang bukan pada semua manusia di benua.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Pidato Willy mulai menemui akhir dengan meminta para pemimpin bangsa-bangsa untuk bersatu bersamanya melawan iblis dari Pulau Paradis. Willy secara resmi mendeklarasikan perang antara Bangsa-bangsa di benua utama dengan Eldia Paradis.


Dengan deklarasi perang itu, Eren sudah merasa tidak ada halangan lagi untuk menyerang Liberio. Dia mulai berubah menjadi titan. Reiner dengan sergap berbalik melindungi Falco.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Hanya beberapa detik setelah deklarasi perang, Attack Titan Eren muncul ke permukaan. Mengejutkan semua orang. Menghancurkan panggung. Memakan Willy Tybur di hadapan semua orang.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 5

Orang-orang berlarian dengan rasa takut. Tidak peduli apa yang mereka injak. Banyak orang mati tertimpa reruntuhan. Banyak juga yang mati terinjak-injak.


TO BE CONTINUED...

Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature