Wadah Curahan Hati

Ringkasan Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3 Gerbang Harapan

Friday, February 5, 2021

Attack on Titan Season 4 Episode 3 menceritakan masa lalu Reiner. Reiner kecil dibesarkan oleh ibunya seorang diri dengan kebencian terhadap kaum Eldia di Pulau Paradis yang dianggap oleh ibunya iblis biadab karena meninggalkan kaumnya sendiri tertindas di pulau utama. Karena darah Eldia pada ibunya juga, ayah Reiner yang seorang Marley pergi meninggalkan mereka.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Alasan itu  mendorong Reiner menjadi pejuang agar ibu dan keluarganya memiliki status yang lebih terhormat. Dia juga berharap bisa diangkat menjadi orang Marley agar bisa hidup bersama ayahnya. Perjuangan Reiner tidak lah mudah karena dari semua kadet dia lah yang paling tidak menonjol dalam suatu keahlian.


Ada 6 kadet lain dalam angkatan Reiner: Pieck, Annie, Marcel, Porco, Berholt, dan Zeke. Dalam beberapa kesempatan Porco dan Reiner selalu bertengkar. Marcel sebagai kakak Porco selalu mengucapkan kata "Maaf" pada Reiner. Entah maaf atas tingkah adiknya atau untuk hal lain.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Tiba hari penentuan Annie mewarisi Female Titan; Reiner mewarisi Armored Titan; Marcell mewarisi Jaw Titan; Zeke mewarisi Beast Titan; Pieck mewarisi Cart Titan; Bertholdt mewarisi Colosal Titan. Porco sangat tidak menerima keputusan itu dan marah-marah. Kekuatannya lebih jauh lebih baik dari pada Reiner tapi akhirnya dia tidak menjadi pewaris. Sekali lagi, Marcel berucap maaf pada Reiner.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Setelah pewarisan mereka dikirim ke medan perang. Para pejuang telah berhasil menyelesaikan misi dengan sangat baik. Lebih baik dari generasi sebelumnya. Mereka diarak berkeliling kota. Di atas kereta itu, Reiner melihat sosok ayahnya yang bekerja di sebuah barak.


Setelah pesta usai, Reiner menemui ayahnya untuk meminta pengakuan. Berharap dia akan bangga pada anaknya yang telah menjadi pejuang. Ternyata, itu hanya lah harapan semata. Ayahnya sama sekali tidak ingin mengakui memiliki hubungan dengan orang Eldia. Reiner sangat hancur.


Tekad dia menjadi lebih bulat menghancurkan iblis Eldia dan kelak pulang sebagai pahlawan. Dia menjalankan misi Pulau Paradis bersama Annie, Marcel, dan Bertholt. Menyebrangi laut. Menginjakan kaki di pulau iblis. Memulai perjalanan panjang menuju tembok.


Di suatu fajar mereka menyalakan api unggun untuk beristirahat seraya memikirkan rencana penjebolan gerbang tembok untuk memancing pemilik Founding Titan keluar. Anehnya, semua kadet tampak resah dan ragu. Dengan menggebu-gebu, Reiner mempertanyakan tekad mereka sebagai orang-orang terpilih yang akan menghukum para iblis dalam tembok.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Lagi-lagi Marcel meminta maaf. Dia akhirnya membuka suara. Reiner tidak seharusnya terpilih menjadi pewaris titan. Dengan penuh tangis penyesalan, Marcel mengakui dosanya yang sengaja membuat Reiner terlihat lebih baik dari adiknya, Porco. 


Marcel tidak ingin Porco menjadi pejuang dan menjadi alat tempur selama 13 tahun sisa hidupnya untuk kemudian dimakan kembali oleh pewaris selanjutnya. Bagi Marcel, itu bukan hidup yang indah. Reiner sangat terkejut. Ternyata hasil kerja kerasnya tak memiliki arti hanya berlandaskan rasa kasihan seorang kakak pada adiknya.


Di tengah perbincangan, matahari mulai terbit. Sesosok titan tiba-tiba terbangun dan muncul di belakang Reiner dari bawah tanah. Titan itu hendak menggenggam Reiner tapi dengan cepat Marcel halangi. Titan itu akhirnya mendapatkan Marcel dan melahapnya dalam sekejap mata. Annie, Bertholdt dan Reiner sangat ketakutan. Mereka berpencar, berlarian menghindari titan itu. 

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

----------------------------------------------------//----------------------------------------------------------------

Info: Titan yang memakan Marcel adalah Ymir yang kelak menjadi teman dekat Historia dan bergabung bersama Survey Corps angkatan Eren, Reiner dan lainnya. Titan murni atau mindless titan yang memakan manusia titan shifter bisa berubah kembali menjadi manusia.


Saat kematian Marcel para penonton mungkin bertanya-tanya, kenapa mereka tidak berubah saja menjadi titan? Beberapa kemungkinannya adalah:

1. Mungkin Marcel sangat menyesal dan ikhlas saja untuk mati, menebus dosa pada Reiner. Jika seorang titan shifter tidak memiliki keinginan hidup maka sulit untuk berubah walaupun dilukai. 

2. Mungkin saja semua kadet tidak mau berubah untuk memancing para titan lain datang sedangkan mereka belum menguasai teritori yang mereka pijak.

3. Mereka tidak tahu kalau mindless titan memakan manusia sehingga mereka syok berat.

4. Mereka adalah anak-anak. Layaknya anak kecil ketika takut hal yang terpikirkan adalah lari dan bersembunyi.

----------------------------------------------------//----------------------------------------------------------------

Reiner berlari kencang tanpa memikirkan apapun. Tak lama, Annie dan Bertholdt menyusul. Annie menyayangkan Reiner yang berlari membabi buta. Seandainya dia tidak lari terlalu jauh mereka mungkin bisa mengikuti titan yang malahap Marcel dan mendapatkan Jaw Titan kembali.


Annie mengusulkan untuk menangkap titan yang melahap Marcel secepatnya dan kembali ke markas yang artinya misi gagal. Akan tetapi, Reiner sangat menolak usulan tersebut. Dalam hatinya, Reiner masih ingin berjuang untuk menjadi pahlawan.


Reiner berdalih mereka tidak bisa kembali karena akan mendapatkan hukuman atas misi yang gagal. Hal itu membuat Annie naik pitam. Seolah saran Annie membuat mereka terlihat seperti pengecut yang membiarkan temannya mati dan pulang begitu saja. 

Mereka berdua berkelahi berdarah-darah. Selama pertengkaran itu Bertholdt hanya bisa menonton dengan cemas.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Di adegan ini diperlihatkan kengerian Annie yang tanpa ampun menghajar Reiner, tapi kegigihan Reiner memenangkan perdebatan. Akhirnya mereka mengikuti rencana Reiner. Mereka mendekati tembok dan menghancurkan gerbangnya seperti rencana semula.


Setelah gerbang hancur, keadaan kota tak terkendali, penuh dengan para pengungsi, mereka bertiga menyusup sebagai pengungsi dan kemudian bergabung dengan polisi militer, Survey Corps. Kisah itu bersambung dengan season 1 saat Eren mulai bergabung ke polisi militer.


Sebelum penghancuran gerbang tembok, Annie, Bertholdt dan Reiner singgah di sebuah desa kecil. Mungkin hanya tempat peristirahatan sementara. Mereka bertemu dengan seorang paman tua yang berkisah tentang hidupnya.


Paman itu berasal dari sebuah desa kecil di dalam gunung di sebelah tenggara Tembok Maria. Suatu hari, hewan-hewannya sangat gelisah. Dia kemudian merasakan getaran yang belum pernah dia alami. Dia tersadaran getarannya seperti langkah kaki dan kemudian dia membuka jendela.  


Dia mendapati titan menatapnya tetap dari samping jendela. Setelah itu dia tidak mengingat apapun. Dia hanya berlari pergi dengan kudanya. "Yang tersisa hanyalah kalian bertiga..." cerita diakhir oleh kalimat itu.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Adegan selanjutnya memperlihatkan Kota Bawah Tanah pada malam hari. Seorang pria yang sedang berjalan, diam-diam diikuti oleh anak perempuan di gang yang sepi. Pria itu adalah Kenny Ackerman. Sang perempuan adalah Annie. 

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Ya, Annie mencoba memata-matai Kota Bawah Tanah untuk mendapatkan informasi keberadaan pemilik Founding Titan, Si Raja yang Bersembunyi. Namun, usahanya tidak berhasil karena Kenny sangat siaga.


Di suatu fajar, Annie, Bertholdt dan Reiner berkumpul secara rahasia ketika mereka sudah bergabung dengan pasukan pengintai (Survey Corps). Annie melaporkan bahwa ada pria aneh, Kenny, yang menghambatnya untuk mencari informasi lebih jauh tentang keberadaan raja tembok. Annie menyerah untuk menggali informasi di sana dan ingin kembali ke rumah di Liberio.

 

Lagi-lagi Reiner tidak puas. Selama 5 tahun menyusup, informasi yang mereka dapat tidak lah cukup untuk memuaskan militer Marley. Annie frustasi dan menyerah untuk berdebat. Reiner mengusulkan penghancuran Tembok Rose. Jika tembok terus diserang, Founding Titan akan terpaksa muncul.


Ketika mereka hendak bubar, Bertholdt 'curhat' bahwa dia selalu memimpikan hal yang sama. Memimpikan pria yang gantung diri di ladang. Pria itu adalah si paman yang dulu bercerita pada mereka di sebuah peristirahatan. "Kenapa sebelum gantung diri pria itu menceritakan kisahnya pada kita?"

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Cerita si paman yang kabur dari desanya setelah melihat titan. Ternyata dia meninggalkan 3 orang anaknya yang kira-kira seumuran dengan Bertholdt dan kawan-kawan. Cerita itu pula yang mereka pakai saat menyusup ke polisi militer.


Adegan berpindah saat Reiner berlatih bersama para kadet pasukan pengintai. Saat itu dia melihat Eren kelelahan dan menyarankan Eren beristirahat dulu. Namun, Eren menolak menyerah, "bagaimana caranya agar aku kuat sepertimu atau Mikasa?" 

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Reiner seperti melihat dirinya dulu saat menjadi kadet Marley, orang lemah yang tak mau menyerah. Kemudian, Reiner menyemangati Eren, "Lakukanlah apa yang kau bisa.... Bukannya kau bilang ingin membasmi semua titan? Kau pasti bisa melakukannya." 


Kenangan-kenangan itu membuat Reiner seperti memiliki 2 kepribadian ganda. Dia sangat tulus menyemangati Eren dan teman-teman lainnya di Pulau Paradis, tapi dia juga adalah seorang Eldia Marley yang membenci Eldia Paradis.


Saat ini dia sudah pulang ke Liberio tapi kenangan Pulau Paradis dan perasaan menyesal meliputinya. Agak sulit menentukan perasaan. Sangat membingungkan pikiran. Reiner mengambil senjata. Menyiapkan peluru. Mengarahkan senjata ke arah mulut dalam. Bersiap menekan pelatuk. Saat hendak menembak, terdengar suara pukulan keras dari luar dinding belakang dan menyadarkan pikiran Reiner.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Di luar, Falco memukul tembok. Dia sangat kesal dan sedih mengapa masih belum kuat seperti Gabi. Dia akan terus berjuang agar layak menjadi pewaris titan. Kemudian dia berjalan tertunduk dan pulang. Reiner melihat Falco dari jendela. Terlihat seperti harapan, "Benar. masih ada mereka...."


Falco melewati rumah sakit mental bagi para prajurit perang. Ada seseorang yang memanggilnya. Dia menoleh. Oh ternyata prajurit yang pernah dia tolong saat mereka sampai di Liberio setelah perang usai. Om-om yang berambut panjang sebahu, kaki buntung, dan sebelah mata diperban.


Om itu melambaikan tangan. Falco mendekati. Mereka mengobrol. Falco berasumsi si om sudah sembuh. Nyatanya om itu bilang dia hanya berpura-pura gila. Sebenarnya dia hanya tidak ingin pulang ke rumah. Karena kecacatannya, dia tak mau melihat keluarganya.

Cerita Attack on Titan Season 4 Episode 3

Falco sangat iba dan berjanji tidak akan memberitahu pihak berwenang. Si om memberi perhatian pada Falco yang memiliki luka bekas latihan menjadi prajurit. Kemudian Falco curhat, sepertinya dia tidak bisa menjadi prajurit karena prajurit lain lebih hebat.


Si om malah bersyukur. Om bilang Falco adalah anak yang baik dan seharusnya memiliki umur yang panjang. Akan tetapi, Falco tidak bisa membiarkan seorang prajurit (Gaby) menjadi pewaris titan.


Om berceloteh, 

Selama di sini, tubuh dan pikiranku kelelahan. Kebebasanku direnggut. Seolah kehilangan jati diriku. Kalau mereka [pasien] tahu akan berakhir seperti ini, mereka pasti tidak akan ikut berperang. Tapi, tiap orang memiliki dorongan untuk pergi ke neraka seperti perang. Sebagian dorongan itu bukan berasal dalam diri mereka. Mereka dipaksa atas kehendak orang lain atau keadaan. Tetapi, beda bagi mereka yang memiliki dorongan dari diri sendiri. Mereka bisa melihat sesuatu di balik neraka itu. Mungkin seperti harapan atau neraka yang lebih kejam. Semua itu hanya bisa dilihat oleh orang yang terus maju.


Falco sangat termotivasi dengan perkataan Si om. Dia mulai membulatkan tekad kembali.

BERSAMBUNG....



Post Comment
Post a Comment

Sebelum berkomentar centang dulu kotak "notify me/beri tahu saya" agar kamu mendapatkan notifikasi ketika aku membalas. Tulis alamat blog di URL/Name, bukan url artikel :D

Auto Post Signature